Review Film Indonesia: SABAR INI UJIAN (Disney+ Hotstar, 2020)

Setelah bulan lalu ada film Guru Guru Gokil yang tayang di OTT, sekarang giliran film Sabar Ini Ujian yang masuk giliran tayang di OTT. Menjadi konten original dari Disney+ Hotstar, Sabar Ini Ujian yang merupakan produksi dari MD Pictures dan Umbara Films kini bisa ditonton di aplikasi dan website Disney+ Hotstar. Film Sabar ini Ujian menceritakan tentang karakter Sabar yang diperankan oleh Vino G Bastian, yang harus sabar menghadapi jikalau mantannya bernama Astrid (diperankan oleh Estelle Linden) menikah dengan teman SMA mereka sendiri yaitu Andre (diperankan oleh Mike Ethan). Sabar pun hadir dengan perasaan setengah ikhlas untuk menyaksikan orang yang dicintainya. Keesokan harinya, Sabar terbangun dengan kondisi di hari yang sama yaitu di hari pernikahan Astrid. Ada apa dengan semua ini? Apa yang harus dilakukan Sabar agar mematahkan kejadian aneh yang selalu dialaminya ketika dirinya bangun tidur?

Dengan mempatenkan sebagai film Indonesia pertama dengan tema timeloop rasanya sah-sah saja, karena hal tersebut bukanlah hal penting jika memang benar konsep timeloop yang diberikan. Ya para netizen bisa aja bilang film ini seperti Happy Death Day versi romance atau bahkan Palm Springs dengan kearifan lokal. Bebas lah klean semua beropini. Di review kali ini gue mencoba netral dengan tidak membandingkan film Sabar Ini Ujian dengan film lainnya yang menggunakan konsep timeloop. Cukup disayangkan pandemic ini belum berakhir, sehingga film Sabar Ini Ujian harus dilemparkan ke dalam sebuah OTT dan tidak bisa disaksikan dalam layar lebar. Secara keseluruhan sebenarnya film Sabar Ini Ujian cukup menarik untuk sebuah karya dari Anggy Umbara. Kalau boleh jujur gue secara pribadi sangat terganggu dengan gambar-gambar dari semua film Anggy sebelum menonton Sabar Ini Ujian. Namun harus diakui Sabar Ini Ujian mematahkan itu semua, tidak ada gradasi atau garis-garis serta warna terang yang menganggu mata gue sepanjang menonton film ini. 


Ya judul film ini mungkin sebagai pengingat kepada penonton jika filmnya mengalami distraksi komedi atau garing humornya ya harap bersabar penonton karena itu semua adalah ujian kalian untuk bertahan hingga akhir film. Bahkan ketika tahu durasinya 125 menit sebelum memulai film ini di mobile, bisa dibilang durasi adalah ujian kesabaran pertama. Dengan konsep timeloop dimana berulang kali Vino G Bastian mengalami kejadian yang sama di pagi hari, rasanya 90 menit pertama seperti ujian kesabaran part 2. Tidak salah mengulang adegan karena memang timeloop memang seperti itu ya, namun menjaga intensitas humor dengan adegan perulangan rasanya menjadi "homework" besar film ini. Sebelum timeloop terjadi jokes yang diberikan masih lucu bahkan ketawa geli, namun setelah berkali-kali kok jadi resah dan gelisah untuk ikut tertawa ya. Bahkan bloopers di credit filmnya jauh lebih lucu lho dibanding jokes setelah adanya timeloop.

Untungnya 30 menit terakhir dari Sabar Ini Ujian cukup mengobati 90 menit awal. Dan rasanya patut berterima kasih dengan hadirnya aktor senior Widyawati dan  Alm. Adi Kurdi yang walaupun sedikit tampilnya namun mereka kelihatan menampilkan penampilan terbaik mereka untuk film ini. Oh tenang, para pemain Sabar Ini Ujian bukan berarti tidak bagus penampilan, selain Vino G Bastian, Estelle Linden, Mike Ethan, Rigen, Ananta Rispo, Anya Geraldine, Ananda Omesh, Dwi Sasono hingga Luna Maya tampil oke kok mereka di Sabar Ini Ujian. Andai saja durasi lebih diringkas lagi dan sisi humornya tidak garing karena ini konsep timeloop, film Sabar Ini Ujian akan menjadi salah satu film Indonesia komedi terbaik sepanjang masa. Namun sayangnya karena ada beberapa bagian yang kurang dari film ini hingga 40%, rasanya jika harus memilih ya lebih baik menyaksikan part sebelum timeloop ketiga dan melanjutkan ke 30 menit terakhir saja. Dengan begitu jauh lebih efisien durasinya.

2,5/5

Trailer:




Komentar