Review Film Indonesia RITUAL (2019)


Lagi dan lagi film bertemakan horror sampah tayang di bioskop. Sangat disayangkan sekali di berbagai pilihan film bagus untuk ditonton selama bulan Agustus harus dicemari oleh film berjudul RITUAL. Sorry to saya, film Ritual entah kenapa tidak memberikan sisi positif sama sekali kepada penonton. Penonton justru dirugikan dengan adanya film ini di bioskop. Film ini menceritakan tentang sebuah keluarga kecil yang baru saja ditimpa kemalangan karena anak semata wayangnya meninggal secara mengenaskan karena jatuh dari pohon ketika mau ambil layangan. Ibu yang begitu tidak menerima keadaan merasa sedih dengan situasi ini semua. Hingga di malam hari setelah penguburan, mereka didatangi seorang yang konon kabarnya bisa membangkitkan anak semata wayang mereka, sang suami pun merasa ini semua hanya lelucon bodoh semata. IStri memohon kepada suami agar menyetujui orang tersebut untuk membangkitkan anak mereka. Rencana tersebut berjalan lancar hingga akhirnya si ibu harus terbunuh secara mengenaskan setelah hadirnya anak mereka. 20 tahun kemudian cerita pun berlanjut, sebuah keluarga sedang merayakan perayaan pernikahan dari orang tua Lisa, yaitu Peter dan Jenny. Lisa membawa pacarnya Michael untuk ikut merayakan acara tersebut. Mereka memutuskan liburan ke sebuah kota, di tengah perjalanan Peter melihat sosok hingga menyebabkan harus membanting stir dan menyebabkan mobil mereka rusak dan Jenny mengalami cedera di kaki. Mereka pun memutuskan menginap satu malam di sebuah rumah yang ternyata ada hubungannya dengan 20 tahun lalu.

Sungguh membosankan dan diluar akal manusia dibalik pembuat film ini. Entah apa yang dipikirkan mereka untuk membuat film ini, berharap mendatangkan penonton banyak seperti halnya film Ghost di tahun 2017 yang diperankan juga Salshabilla Adriani? Come on, itu 2 tahun lalu, kalau saja film ini juga rilis di tahun 2017 mungkin penonton masih "peduli" dan ikut nyumbang dengan menonton di bioskop. Tidak heran sih film Ritual kurang dipedulikan penonton pas rilis di 22 Agustus 2019. Bahkan sampai hari keempat penayangannya tinggal 4 bioskop aja di Jakarta, dan di beberapa kota lainnya sudah hilang sejak hari kedua. Lebih mengejutkan lagi promo yang direncanakan di beberapa kota dengan secara resmi dibatalkan pada hari ketiga. Sungguh pintar sekali penonton saat ini.


Penonton mungkin mikir berulang kali karena adanya 2 film bagus yang tayang di akhir bulan Agustus jadi buat apa menonton film ala kadarnya seperti Ritual di bioskop. Andai saja bukan rilis di bulan Agustus 2019 mungkin film Ritual akan sedikit "beruntung" nasib jumlah penontonnya. Banyaknya followers Sashabilla pun tidak mendongkrak mereka untuk ke bioskop. Ya balik lagi penonton sudah memilih film di bioskop. Filmnya kocak bener pas adegan Lisa sedang di kamar mandi sebuah pom bensin eh muncul si setan Ana, anak kecil yang mati 20 tahun lalu. Gue berharap adanya twist ada benang merah keluarga Lisa dengan keluarga 20 tahun lalu, eh ternyata tidak ada sama sekali. Terus ngapain neror Lisa secara sembarangan dan seenak jidat? Hadeh. Ritual ternyata selevel film Suwung untuk tahun ini jadi secara singkat film terburuk tahun 2019 sudah jatuh pada film Ritual. Semoga Findo Purwono tidak lagi memproduksi film seperti ini, bikinlah film yang memang untuk generasi millenial dengan cerita yang ceria dan lebih masuk akal.

NR

Trailer:


Komentar