Friday, June 8, 2012

Review: Soegija (2012)



Soegija sebuah film drama epik yang mengangkat salah satu pahlawan nasional Albertus Soegijapranata. Dimana beliau diceritakan disini sebagai uskup pertama di masa Hindia Belanda, dimana masa tersebut sebelum dan sesudah kemerdekaan Indonesia. Konflik demi konflik pun dilalui Soegija dan disekelilinginya terdapat orang-orang yang ikut berperan serta dalam dunia peruskupannya.

Sebuah film karya Garin Nugroho terbaru yang konon kabarnya dengan biaya produksi termahal. Garin Nugroho film terakhirnya yang berjudul Mata Tertutup nampaknya sudah agak sedikit mulai ada perbaikan untuk membuat penonton nyaman menonton karyanya. Kalau boleh jujur, nyaris semua film beliau agak membosankan dan beberapa diantara dapat menyebabkan kantuk. Akan tetapi, di film Soegija nampaknya tidak jauh berbeda dengan Mata Tertutup yang terlihat cukup enak untuk dinikmati sepanjang film. Dengan balutan sinematografi dan artistik yang indah dan apik, penonton dibuat manja untuk bertahan selama 110 menit.


Akan tetapi, sayangnya di film ini terlihat sekali kurang jelas untuk menceritakan Soegija sesungguhnya. Konflik-konflik orang sekitar Soegija malah cenderung lebih banyak diceritakan di film ini. Sebenarnya ini film tentang Soegija atau kisah Soegija dengan orang sekitarnya ketika masa jabatannya sebagai uskup pertama? Para pemain disini diantara lain Andrea Reva, Annisa Hertami, Butet Kartaredjasa, Hengky Solaiman, Margono, Nirwan Dewanto, Nobuyuki Suzuki, Olga Lydia, Soegija, Wouter Braaf,  danWouter Zweers. Akhir kata, Soegija film yang cukup terjaga intensitas sebagai film hiburan. Walaupun masih banyak kekurangan yang cenderung membosankan akan tetapi film ini masih unggul di bidang sinematografi, scoring dan artistiknya. :Salam JoXa:

7/10

Trailer:


No comments:

Post a Comment