REVIEW SERIES ROMULUS: KISAH KELAHIRAN KOTA ROMA (2020, MOLA TV)

Series terbaru yang mencuri perhatian di bulan Desember 2020 akhirnya jatuh pada series Romulus. Film atau serial yang dilatarbelakangi di abad lampau biasanya mencuri perhatian gue sebelum akhirnya memutuskan untuk menontonnya. Romulus sendiri berkisah tentang kisah kelahiran kota Roma dari sudut pandang tiga karakter utama yang mencoba bertahan di dunia yang sadis, brutal dan tanpa ampun: Yemos, Wiros dan pendeta muda, Ilia. Sebuah perjalanan ke dunia kuno dan menakutkan, di mana segala sesuatu adalah sakral dan orang-orang merasakan kehadiran dewa yang misterius dan permusuhan di mana-mana. Akankah Kerajaan Alba bisa kembali direbut dengan hadirnya sosok seorang pejuang wanita memimpin revolusi demi terwujudnya sebuah kota yang siap menentang setiap kekuasaan dan menyambut mereja yang terasingkan. 

Romulus diawali dengan baik penceritaannya, dimana terlihat bagaimana suasana saat kekeringan melanda 30 suku, dengan situasi para dewa memaksa Raja Numitor dari Alba untuk mengasingkan dirinya. Kemudian adanya penyerahan tahta kepada cucu kembar, Enitos dan Yemos, putra dari putrinya Silvia. Kedua pangeran itu ditakdirkan untuk mewarisi tahta, tetapi para pendeta wanita memprediksi bahwa salah satu diantara anak kembar tersebut akan saling membunuh satu sama lain. Problematika pun sudah mulai muncul sejak episode pertama Romulus, dimana Ilia, yang juga merupakan kekasih rahasia Pangeran Enitos, menyakinkan untuk meninggalkan Alba agar terhindar dari pertumpahan darah. Sementara itu, sang paman, Amulius, mencoba membunuh pangeran atas saran istrinya, Gala. 

Series Romulus ini baru saja rilis di Italia sejak 06 November 2020 lalu. Dengan 10 episode penceritaan Romulus terlihat kompleks dan enak untuk diikuti dengan penyelesaian akhir cerita yang baik. Sutradara serial Romulus ini dibawah naungan 3 sutradara asal Italia yaitu Michelle Alhaique, Enrico Maria Artable dan Matteo Rovere. Sebelum rilis di 6 November 2020, Romulus sudah pernah tayang di acara Rome Film Festival yang diadakan pada tanggal  23 Oktober 2020. Di internet sendiri perilisan Romulus dimulai bulan Desember 2020, jadi hadirnya Romulus di streaming online Mola TV bisa dibilang eksklusif penayangannya. Romulus sendiri hadir dengan bahasa Latin di beberapa dialognya, tapi tidak perlu khawatir karena translate ke bahasa Inggris atau Indonesia sudah tersedia di Mola TV. 

Jika kamu penggemar film-film sejarah peradaban masa lampau dan bertemakan Roman Empire seperti Gladiator, Ben-Hur atau Spartacus Serial, ya wajib banget untuk menonton Romulus, karena secara konsep mereka ada kesamaan. Dimana kalian akan melihat para pria dengan minim kostum yaitu hanya dengan selembar kain saja, begitu juga dengan para wanitanya yang terlihat anggun dan seksi matanya. Yang menarik dari serial Romulus sudah pasti dari sinematografinya. Arahan sinematografi yang dilakukan oleh Vladan Radovic dan Giuseppe Maio ini patut diancungi jempol. Bahkan ketika malam hari pun masih terlihat cantik sinematografi dari Romulus ini. Selain sinematografi, penata artistik dari Romulus juga kece sekali. Penonton terbius dengan suasana abad masa lampau dimana ini diceritakan kisah Roma masa dulu. Pemilihan artistik untuk mendukung cerita benar-benar dipikirkan secara detail di serial Romulus ini. Begitu juga dengan penata kostum dan tata riasnya, walaupun para pria mayoritas hanya menggunakan selembar kain aja untuk menutupi auratnya tapi untuk karakter lainnya terlihat matang sekali kostum dan tata rias dari Romulus ini. 

Para pemain serial Romulus ini ada Andrea Arcangeli, Marianna Fontana, Francesco Di Napoli, Emilio De Marchi hingga Simon Rizzoni. Mayoritas pemainnya memang asli dari Italia dan ada beberapa yang terlihat latino. TV Series Romulus bisa kamu tonton secara streaming di Mola TV. Keseluruhan dari 1 season (sementara ada 7 episode) bisa ditonton hanya dengan langganan Mola TV senilai Rp 12.500,- saja untuk sebulannya. Untuk pembayaran langganan Mola TV juga gampang banget karena bisa bayar melalui berbagai macam digital payment seperti ovo dan gopay. Sudah gampang dan murah tunggu apalagi untuk menonton tuntas TV Series Romulus di Mola TV sekarang juga. Khusus kamu penggemar genre drama  action dengan unsur roman empire dan yang sudah nonton Gladiator atau Ben-Hur wajib untuk menonton TV Series Romulus.

Komentar