Review Film Indonesia: BIDADARI MENCARI SAYAP (Disney+ Hotstar, 2020)

 
Angela dan Reza adalah pasangan muda beda etnis yang baru memiliki 1 putra. Mereka tinggal bersama Abah Angela yang menurut Reza selalu membandingkan status pekerjaan dirinya dengan kakak-kakak ipar Angela yang jauh lebih mapan. Reza yang bekerja di salah satu media di Jakarta selalu mengedepankan idealisnya di setiap apapun yang dilakukannya dalam bekerja. Walaupun Angela sudah mualaf mengikuti agama Reza, sang suami, namun ketika berkunjung ke rumah keluarga Reza, Angela merasa terintimidasi dengan kemauan ibunda Reza agar Angela menggunakan Hijab. Persoalan demi persoalan semakin silih berganti ketika Reza suatu hari mengundurkan diri dari pekerjannya yang sudah bertahun-tahun dia tempati.

Bidadari Mencari Sayap sebuah karya dari Aria Kusumadewa dengan arahan produksi dari Deddy Mizwar. Film ini menghiasi di deretan film Disney+ Original terbaru di bulan Oktober. Premis cerita film ini sebenarnya basi dan kurang menarik untuk di era saat ini. Dengan menggandeng tema beda agama dan budaya rasanya sangat berani untuk mempublikasikannya dalam bentuk film untuk di layar lebar. Untungnya film ini masuk di OTT, karena tidak terbayangkan bagaimana hasil jumlah penontonnya kalau film ini dipaksakan tayang di bioskop. Kalau saja penggarapannya lebih matang mungkin akan jauh lebih menarik film Bidadari Mencari Sayap ini. Apalagi para pemain pendukung dan pemain utamanya sudah cukup mewakili budaya sesuai apa yang ingin dicertakan dari film ini.


Kehadiran Leony VH sebagai pemain utama di film ini rasanya cukup mencuri perhatian. Untuk melakoni sebagai karakter Angela, sebenarnya Leony cukup oke penampilannya namun sayangnya masih berkesan timbul tenggelam atau tidak konsisten emosi yang ingin diluapkan Leony ke Rizky Hanggono sebagai lawan mainnya sebagai suami di film ini. Sangat disayangkan karakter Abah yang diperankan oleh Nano Riantiarno seperti korban dari kebodohan penulis naskah yang membuat karakter Abah terlihat terintimidasi dengan timpang tindih persoalan ketiga anak mantunya. Pemain pendukung dari Bidadari Mencari Sayap ada Djenar Maesa Ayu, Fransiskus Michael, Jenny Zhang dan Deddy Mizwar. Akhir kata, film Bidadari Mencari Sayap secara keseluruhan seperti judulnya yaitu masih mencari kekuatan dari emosi dan rasa film ini seperti apa sebenarnya. Sungguh disayangkan.

2/5


Trailer:

Komentar