Review Thai Movie: SHUTTER / ชัตเตอร์ กดติดวิญญาณ (2004)

Pasti para penggemar film horror Thailand sudah tidak asing lagi dengan film Shutter. Konon kabarnya sih cukup membekas bagi penggemar film horror Thailand ketika film ini rilis di tahun 2004 silam. Bagi kamu yang belum pernah menonton film Shutter / ชัตเตอร์ กดติดวิญญาณ jangan sedih, berikut gue kasih review apakah film ini layak banget untuk kamu tonton atau tidak. Shutter bercerita tentang seorang photografer muda, Thun, yang baru saja pulang bersama pacarnya Jane dari pernikahan sahabat Thun. Di tengah perjalanan pulang, mereka tidak sengaja seperti menabrak seseorang. Namun mereka kabur meninggalkan dan tidak mempedulikan nasib dari korban yang sepertinya mereka tabrak tersebut. Keesokan harinya, Thun dan Jane mengalami peristiwa demi peristiwa aneh dengan adanya sosok wanita yang menghantui mereka. Siapakah sebenarnya sosok wanita tersebut? Apakah korban tabrak lari malam itu atau apakah ada rahasia yang tersembunyi lama akhirnya terkuak saat ini?

Tidak heran banyak yang bilang film Shutter sangat rekomen sekali dan cukup membekas bagi mereka untuk genre horror film Thailand. Ya tidak ada salahnya mereka berkata demikian, karena harus diakui film ini memiliki adegan yang cukup membekas dan terkadang bisa terjadi di kehidupan nyata. Kolaborasi Banjong Pisanthanakun dan Parkpoom Wongpoom di bangku sutradara memang patut diancungi jempol. Setidaknya karena mereka, film-film horror yang rilis setelah film ini banyak yang mengikuti beberapa template adegan horrornya. Dengan bantuan Sophon Sakdaphisit, kolaborasi mereka bertiga menulis naskah untuk film Shutter juga terbilang untuk sebuah film horror dengan terror dan tidak murahan hasilnya.


Debut karir Ananda Everingham sebelum akhirnya sudah terkenal saat ini terbilang baik di film Shutter. Setidaknya terlihat meyakinkan dirinya sebagai seorang photographer dari segi penampilan dan tingkah tanduknya. Dengan mengambil kisah dimana harus bertanggung jawab dengan apa yang sudah dilakukan di masa lalu, menjadi poin menarik dari film Shutter ini. Usaha demi usaha untuk kabur pun tidak bisa dilakukan hingga akhirnya merekalah harus bertanggung jawab. Buat kalian penggemar film Thailand dan belum sempat menonton Shutter ya gue merekomendasikan film ini untuk kalian tonton. Memang sih telat tapi setidaknya kalian menonton seolah-olah kalian berada di tahun 2004 jadi pasti akan jauh lebih menikmatinya.

3,5/5

Trailer:

Komentar