Review Film Indonesia WEDDING AGREEMENT (2019)


Mungkin bagi netizen pengumuman Wedding Agreement menjadi salah satu film di bulan Agustus adalah sesuatu yang mengejutkan. Awal Juni datang-datang ke dunia maya dengan menyajikan teaser trailer dan official poster dengan tanggal rilis 8 Agustus 2019. Film ini juga tidak dibintangi artis kelas yang jam terbangnya sudah tinggi di dunia perfilman. Indah Permatasari pernah main sebagai tokoh utama di film Takut Kawin dengan Junot tapi faktanya tidak mendongkrang ke jumlah penonton ketika filmnya rilis. Tapi dulu After School Horror yang juga Indah sebagai pemain utamanya, film horror seperti ini nyaris mendapat 200ribu penonton. Lain halnya dengan Refal Hady yang biasa sebagai pemain pendukung dan baru 1 kali menjadi pemain utama dalam film Galih dan Ratna. Tapi angka penonton di hari pertama film ini ternyata dapat lebih dari 70 ribu penonton. Angka ini bisa dibilang tertinggi di nomor ketujuh sebagai penonton terbanyak di tahun 2019 untuk film Indonesia.


Film Wedding Agreement menceritakan tentang Tari yang dijodohkan Byan oleh kedua orang tua Byan. Byan menuruti permintaan khususnya mama tercinta yang sedang sakit dan ingin membahagiakan mamanya. Setelah berlangsungnya pernikahan, Byan mengajukan surat perjanjian kepada istrinya Tari. Karena rasa terpaksa menikah dan masih memiliki hubungan dengan pacarnya Sarah, Byan menganggap Tari hanya istri sementara setahun ke depan. Tari yang awalnya kaget, akhirnya mencoba menerima surat perjanjian yang dibuat Byan suaminya. Akankah Tari kuat dengan hadirnya Sarah dalam rumah tangganya bersama Byan?


Wedding Agreement bisa dibilang salah satu film Indonesia yang underdog di tahun 2019. Bagi penonton awam yang tidak membaca wattpadnya pasti gak peduli ini film apa kok tahu-tahu main di bioskop. Untungnya Starvision cerdik membuat promo secara gerilya untuk film Wedding Agreement. Setidaknya usaha Starvision melakukan promo dengan angka pembaca wattpadnya sebanding dengan angka jumlah penonton hari pertama film ini ketika tayang di bioskop. Kehadiran Refal Hady sebagai pemeran utama dengan karakter suami yang menyebalkan di film ini, nampaknya sesuatu yang baru akhirnya sedikit keluar dari karakter-karakter yang telah dilakoni Refal selama ini di bioskop. Begitu juga dengan Indah Permatasari terlihat begitu cukup kuat sebagai karakter istri yang tegar dan tetap sibuk dengan usahanya sendiri. Walaupun kedua karakter utama belum 100% kuat chemistrynya namun untuk sebuah film yang ringan mereka berdua bolehlah.

Karakter pendukung seperti Ria Ricis sebagai sahabat dari Indah Permatasari juga tampil pas sesuai dengan karakter komedinya. Begitu juga dengan Jeff Smith yang berkarakter sedikit lebih baik di film ini sebagai sepupu dari Refal Hady di film ini. Debut penyutradaraan dari Archie Hekagery (sutradara Tetangga Masa Gitu The Series di Net TV) di perfilman nampaknya bisa dibilang cukup baik secara keseluruhan. Namun dari sisi naskah nampanya Archie yang berperan juga sebagai penulis naskah bersama Mia Chuz (penulis wattpad Wedding Agreement) masih belum keluar dari naskah asli wattpadnya. Mungkin karena tanggal rilis dekat dengan Idul Adha jadi terkesan film ini menonjolkan sisi agama begitu kental di sebuah rumah tangga yang baru dibangun. 

2,5/5

Trailer:






Komentar