REVIEW: Annabelle Comes Home ScreenX (2019)

Setelah jeda 2 tahun akhirnya Annabelle ada lagi di bioskop. Dengan menggandeng Gary Dauberman sebagai sutradara, Annabelle Comes Home hadir melengkapi untuk Conjuring Universe. Di film ini, cerita lebih ke anak dari Ed dan Lorraine, yaitu Judy. Setelah kepulangan Ed dan Lorraine berperang melawan roh jahat dalam boneka Annabelle, mereka mengurung boneka tersebut ke dalam suatu lemari kaca di gudang bawah tanah tempat mereka mengumpulkan koleksi barang-barang hasil perang mereka selama ini. Hingga suatu hari Ed dan Lorraine harus meninggalkan anak semata wayangnya, Judy untuk sementara waktu. Judy ditemani pengasuhnya yaitu Mary Ellen. Cerita tidak semudah itu, Mary memiliki memiliki teman yang penasaran dengan dunia mistis, Daniela, dirinya pun ikut berkunjung ke rumah Judy dengan alasan menemani Mary. Namun karena rasa kepo berlebihan dari Daniela, pintu neraka harus terbuka dan mereka sendiri harus berperang melawan para iblis-iblis.


Hilangnya sosok Vera Farmiga dan Patrick Wilson di sepanjang film rasanya agak kurang greget untuk film yang harus berhadapan dengan boneka Annabelle. Walaupun di awal film masih ada adegan mereka berdua, namun porsinya hilang begitu saja setelah mereka pamit sementara waktu. Sosok Judy, yang merupakan anak dari Ed dan Lorraine ingin dijual ke penonton kalau anak ini juga bisa seperti kedua orang tuanya. Film yang harus menegangkan karena perang iblis dengan manusia harus dibayar dengan kejutan-kejutan murahan sepanjang film. Format ScreenX yang disajikan ke penonton terlihat ada plusnya namun tidak semua part berhasil menambah sisi horror untuk film ini.

Gary Dauberman biasanya duduk di bangku penulis naskah (The Nun, IT, dan Annabelle Creation). Dibandingkan dengan Annabelle Creation, jelas banget seri Annabelle Comes Home terlihat menurun kualitas penceriteraannya. Namun masih lebih enak dibandingkan Annabelle pertama ataupun The Nun sekalipun. Gaya penyutradaraannya masih tergolong aman, dan belum membekas ke penonton. Mungkin di film keduanya nanti apapun genrenya, Gary dapat memberikan sisi yang membekas ke penonton. Melalui Annabelle Comes Home kalian akan mengetahui banyaknya hantu baru yang sepertinya akan menghiasi Conjuring Universe selanjutnya. Yang baru confirm sih hantu Ferryman, lainnya seperti Bride ghost dan hantu pendeta hingga serigala belum ada titik cerah untuk difilmkan. Ya akhir kata, Annabelle Come Home terlihat menurun dibandingkan Annabelle sebelumnya namun masih lebih baik sedikit dibandingkan seri pertamanya.

2,5/5

Trailer:


Komentar