Penjelasan Rating Film Di Blog Postingan Biasa

Rating dalam sebuah film pasti menjadi tolok ukur bagi calon penonton sebelum menonton film tersebut. Memang sih ada juga sebagian yang tidak begitu peduli dengan rating yang diberikan reviewer terhadap film yang akan mereka tonton. Akan tetapi, ternyata ada penilaian sendiri dari para reviewer yang berbeda-beda tentang bagaimana memberikan rating terhadap film yang direview. Nah di blog postingan biasa sendiri pun memiliki penilaian berbeda terhadap sebuah film yang direviewnya. Memang agak sedikit berbeda dan ternyata selama ini terjadi salah persepsi terhadap rating yang gue berikan. Berikut penjelasannya.


No Rate / 5 = < 5 / 10

Nah ini biasanya kalau film tersebut bisa dikatakan SAMPAH dan HANCUR secara keseluruhan. Sebenarnya tidak ingin memberikan No Rate kepada sebuah film karena gue tahu membuat film itu susah juga. Tapi ya mau bagaimana lagi kalau film tersebut hasilnya sangatlah buruk. Biasanya sih rate ini ditunjukkan kepada film-film KKD, Nayato/Koya Pagayo, atau film yang hanya menjual seks semata tanpa kekuatan cerita di dalamnya.

1/5 = 6/10

Rating ini biasanya ditujukan kepada film yang memang agak parah tapi memiliki beberapa unsur yang masih bisa ditolerir sepanjang film ini. Sebagai contoh, walaupun sepanjang film lawakkan dari film X jayus tapi setidaknya ada 1 unsur saja yang bisa gue bertahan atau tidak asik sendiri, contohnya sinematografi atau akting pemainnya.

2/5 = 7/10

Agak berbeda ya kalau dilihat diantara 2/5 disamakan dengan 7/10. Ya tapi mau bagaimana lagi, gue lebih nyaman dengan rate 5 daripada 10 jadi mau gak mau harus seperti ini. Rate demikian biasanya film tersebut tidak buruk2 amat, setidaknya gue bisa nyaman ketika menonton film tersebut atau ada bagian yang mengesankan gue walaupun di satu sisi ada yang tidak bisa dimaafkan dari film tersebut. Mungkin dari segi cerita yang lambat, bosan, jayus atau apapun itu.

3/5 = 8/10

Nah film rate seperti ini biasanya memiliki kekuatannya pada pemain dan cerita. Masalah sinematografi dan unsur lainnya kurang itu masih dimaafkan. Intinya yang paling penting kepiawaian para pemain utama bermain di film tersebut saja itu sudah poin penting untuk rate ini. Selain itu film tersebut harus memiliki cerita dan konflik yang menarik di dalamnya. Barulah bisa dibilang film ini layak mendapatkan 3 bintang dari 5.

4/5 = 9/10

Yang mendapatkan rating film ini biasanya sepanjang film gue terpukau dengan isi filmnya baik dari pemain, cerita, sinematografi bahkan sampai kostumnya sekalipun. Dan biasanya setelah menontonnya satu kali gue bisa menonton film tersebut lebih dari 3 kali. Dan sampai ketiga kalinya atau lebih gue tidak bosan-bosannya menonton film ini walaupun adanya pengulangan-pengulangan begitu saja. Sampai postingan ini dibuat pun film yang gue berikan rate ini belum begitu banyak.

5/5 = 10/10

Kalau bicara rate ini rasanya tidak perlu diperjelas lagi deh. Sudah jelas sekali kalau film tersebut memang sempurna secara keseluruhan dan memiliki kekuatan di beberapa aspek. Mau menonton sampai lebih dari 5x pun rasanya tidak akan pernah bosan. Rasanya belum ada film yang gue temukan memiliki kesempurnaan tersebut.


Cukup sekian penjelasan gue tentang rate film yang ada di blog gue. Semoga kalian tidak salah tangkap lagi ya. Ini juga berlaku jika kenaikan poin 0,5 dari setiap rate yang tersedia di atas.

Komentar