Tuesday, April 10, 2012

Review: The Lady (2011)


Sebuah cerita tentang Aung San Suu Kyi, anak dari Perdana Menteri Burma, yang kini sudah beranjak dewasa dan pindah ke luar negeri.Di Inggris, tempat tinggal Suu sekarang bersama Michael Aris dan kedua anaknya Alex dan Kim, mendapatkan berita bahwa asal negaranya kini sekarang sedang mengalami perpecahan. Suu pun harus beranjak pulang ke kampung asalnya untuk menjenguk ibunya yang sedang sekarat. Dari semenjak kepulangannya tersebut, Suu terbuka matanya kalau ada sesuatu yang aneh dan ganjal dari sistem pemerintahan Burma dibandingkan ketika bapaknya masih menjabat sebagai Perdana Menteri.
Sebuah film drama biopic tentang kehidupan negara Burma sebelum meraih kemerdekaannya. Dimana negara Burma sendiri dipimpin oleh seorang Perdana Menteri. PM tersebut ternyata memiliki suatu misteri dibalik adanya kekerasan dan pertumpahan darah antar penduduk di negara Burma. Film The Lady sendiri merupakan hasil kumpulan gambar-gambar dari rekaman yang merasakan kejadian di Burma pada waktu kejadian. Kemudian dibuatkan menjadi sebuah skenario oleh Rebecca Frayn. Skenario dari Rebecca bisa dibilang lumayan baik penggarapannya. Dimana penonton diajak untuk mengetahui seperti apa sebenarnya kehidupan di negara Burma seperti dulu.
 
Secara keseluruhan The Lady sebagai film drama biography tidaklah membosankan untuk dinikmati. Ketegaran demi ketegaran dari Suu dengan banyak konflik yang dirasakannya cukup baik membuat penonton sedikit merasakan apa yang dirasakan dia di film ini. Kesadisan dari film ini bisa dibilang tidaklah begitu menjual karena terlihat cukup aman untuk dinikmati. Sisi keindahan sinematografi dari film ini pun cukup menjual dengan baik negara Burma seperti apa. Setidaknya dari sinematografi yang baik tersebut rasa penasaran penonton untuk tertarik ke negara Burma.

Dari deretan para pemain Michelle Yeoh memang terlihat juara di film The Lady. Ekspresi beliau dari film ini begitu pas dan totalitas, itupun juga tidak kalah dari make-up yang begitu pas dengan muka Michelle. Sebagai seorang suami, David Thewlis, menampilkan karakter dan ekspresi yang ccukup lumayan baik juga. Dimana dirinya harus menjadi seorang ibu juga disaat Suu harus mengurus Burma terlebih dahulu. Para pemain anak-anak Suu dan Michael disini cukup menarik yaitu diperankan oleh Jonathan Woodhouse dan Jonathan Raggett. Akhir kata, The Lady sebuah film drama biopic yang meanrik dan tidak membosankan secara keseluruhan walaupun durasi 132 menit sekalipun. Dari film ini pun penonton bisa tahu bagaimana negara Burma seperti dulu dan melihat sosok perempuan Suu yang berjuang untuk mengembalikan semangat demokratis bapaknya dahulu ketika menjabat sebagai Perdana Menteri. ;Salam JoXa:

8/10

Trailer:

1 comment:

  1. Wah, jadi ini tentang Suu Kyi ya filmnya...

    :O

    ReplyDelete