Saturday, February 18, 2012

Review: Negeri 5 Menara (2012)

Alif memiliki mimpi untuk bersekolah SMU di Bandung dan kuliah di ITB. Akan tetapi mimpinya itu harus terhenti karena kedua orang tuanya akan mengirimkan dirinya ke sebuah pesantren di Pondok Madani, Ponorogo, Jawa Timur. Walaupun awalnya tidak sesuai dengan hatinya, akhirnya Alif menuruti apa yang dikehendaki oleh kedua orang tuanya. Setiba di Pondok Madani, dirinya disana bertemu dengan berbagai macam karakter-karakter unik di dalamnya. Dari banyaknya siswa di Pondok tersebut, Alif memiliki teman dekat yaitu Raja Lubis yang berasal dari Medan, Atang yang berasal dari Bandung, Dulmajid yang berasal dari Sumenep, Madura, Sahid dari kota Surabay, dan terakhir Baso, yang berasal dari Gowa, Sulawesi. Mimpi dan rasa persahabatan diantara mereka berenam dimulai di Pondok tersebut walaupun berbagai konflik di dalamnya.


Sebagai orang yang tidak membaca novelnya, gue melihat film ini sebagai film yang masih bisa menjaga intensitasnya sampai akhir film. Cerita yang ditulis oleh Salman Aristo dengan Roni ini bisa dibilang dibuat seringan mungkin. Jujur, gue malah tidak merasakan sesuatu yang istimewa dari sebuah novel yang cukup dikenal itu. Setidaknya tanpa membaca Novelnya terlebih dahulu pun gue sudah cukup mengerti cerita yang divisualisasikan ke dalam bentuk sebuah film. Dengan editan dari seorang Cesa David pun semakin terlihat rapinya film ini dibuat. Begitu pula dengan sinematografi dari film ini pun tidak kalah menarik. Scoring dan istrumentasi alunan musiknya pun juga cukup pas mengiringi sepanjang film ini.

Yang menarik dari film ini yaitu deretan keenam pemain baru yang berada sebagai pemain utama di film ini. Akting mereka sebagai pemain baru di dunia perfilman nampaknya patut diancungi jempol. Permainan emosi dan kespresi yang mereka tampilkan terjalin begitu baik. Walaupun yang berperan sebagai Alif, Gazza Zubizareta, gue melihat nampaknya terlihat cukup rupawan dan tidak seperti orang Padang, kota asalnya di film ini. Keenam pemain baru tadi bisa dibilang sejajar kualitas aktingnya dengan pemain senior yang hadir di film ini. Seperti Donny Alamsyah, Lulu Tobing, David Chalik, Ikang Fawzi, Andhika Pratama, Rangga Djoenaedi, Mario Irwinsyah, Inez Tagor, dan Ariyo Wahab. Penampilan mereka pun setidaknya agak cukup menolong untuk membangun karakter anak-anak di film ini.


Lulu Tobing kembali berakting lagi di film Negeri 5 Menara sebagai ibu Alif.
Berikut adalah daftar para pemain film Negeri 5 Menara :

Alif – Gazza Zubizareta
Said – Ernest Samudera
Atang – Rizki Ramdani
Raja – Jiofani Lubis
Dulmajid – Aris Putra
Baso - Billy Shandy
Kyai Rais – Ikang Fawzi
Ustad Salman – Donny Alamsyah
Ustad Tariq – Rangga Djonaedi
Ibu Alif – Lulu Tobing
Ayah Alif – David Chalik
Iskandar – Mario Irwinsyah
Fahmi – Andhika Pratama
Sarah – Eriska Rein
Randai - Sakurta Ginting


Akhir kata, film Negeri 5 Menara karya Affandi Abdul Rachman secara keseluruhan patut ditonton di bioskop kesayangan anda mulai tanggal 1 Maret 2012! Dengan jalan cerita yang ringan dan bisa dinikmati untuk semua umur nampaknya bukanlah alasan untuk membawa keluarga anda untuk menonton film ini. Setidaknya ada beberapa perjuangan dari keenam anak remaja di film ini yang bisa dicontoh dan diterapkan di kehidupan sehari-hari. Dengan balutan sinematografi, artistik dan deretan pemain yang cukup baik juga menjadi alasan kuat kenapa kalian harus menonton film ini. Oh iya! Kalau belum membaca novelnya rasanya tidak perlu takut tidak bisa mengikuti ceritanya, karena gue bisa menikmati film ini walaupun tidak membaca novelnya sekalipun.

Mantra film ini: Man Jadda Wajada! Artinya, Siapa yang bersungguh-sungguh pasti akan berhasil.


Trailer:

5 comments:

  1. ingin cepat-cepat nonton nih... hehehe mantap..

    salam kenal dan foll back..

    Revolusi Galau

    ReplyDelete
  2. maaf, kalau boleh koreksi, pemeran Ustad Tariq itu RANGGA DJONED, bukan Rangga Djonaedi :) tks.

    ReplyDelete
  3. aku blm nonton filmny tp lngsung bca bkuny,, lbh menginspirasi...

    ReplyDelete
  4. aku lngsung bca bkuny lbih mnginspirasi...

    ReplyDelete