Review Film Indonesia Rentang Kisah (Disney+ Hotstar, 2020)


Memasuki minggu kedua, Disney+ Hotstar menayangkan Film Indonesia secara eksklusif yang bisa ditonton di aplikasi, website atau smart TV. Di minggu kedua kali ini, film Rentang Kisah produksi dari Falcon Pictures yang bisa kamu tonton. Rentang Kisah, merupakan adaptasi dari kumpulan cerita buku yang konon kabarnya best seller, pengarangnya Gita Savitri. Ya buat kamu generasi muda yang mengenal sosok Gita Savitri seharusnya tidak asing lagi dengan kehidupan lulusan Teknik Kimia di salah satu Universitas Jerman ini. Berikut ulasan selengkapnya mengenai film Rentang Kisah. 

Rentang Kisah bercerita tentang keluarga mungil nan taat beragam yang terdiri dari Ayah, Ibu, Gita dan adiknya. Diceritakan era 98 Ayah Gita mengalami PHK akibat krismon besar-besaran di masa tersebut. Tidak lama kemudian, Ayah Gita memutuskan bekerja ke Amerika Serikat untuk menghidupi keluarga mungilnya. Tidak tinggal diam saja, sang ibu yang pandai memasak menekuni bisnis catering di beberapa sekolah dan rajin memberikan sedekah. Di masa menentukan harus kuliah dimana dan ambil jurusan apa, Gita yang awalnya keterima di ITB justru kuliah di Jerman yang ternyata sudah disiapkan Ayah dan Ibunya untuk Gita. Gita mulai beradaptasi dengan lingkungan dan teman-teman di Jerman. Gita putus asa, menangis hingga di titik namanya kerapuhan seorang anak yang jauh dari kedua orang tua. Perekonomian keluarga Gita pun tiba-tiba melemah dan Gita harus belajar menahan lapar dan mencari pekerjaan agar bisa hidup sambil kuliah di negeri orang. 

Kalau boleh jujur sosok Gita Savitri bukanlah yang ku ketahui dia siapa, dan pernah berprestasi apa dan kenapa bisa terkenal (konon kabarnya terkenal sih). Setelah menonton Rentang Kisah ya reaksi gue cuma satu sih, lah udah gitu doang? Ya mungkin gue aja yang terlalu bersemangat karena melihat sinopsisnya cukup menarik perhatian gue untuk nonton. Ditambah trailernya pun semakin meyakinkan gue untuk harus nonton film ini. Alasan gue bereaksi lah udah gitu doang, karena menurut gue kisah yang diberikan setelah gue menonton 98 menit rasanya ya udah gitu doang. Bukan sesuatu yang spesial untuk sebuah tontonan. Ya bisa dibilang gak membekas di ingatan. Untuk para pemain, sebenarnya tidak ada masalah ya seperti Cut Baby Tsabina yang terlihat cantik sekali, Bio One walaupun sedikit dialog namun gesture badannya cocok untuk menjiwai karakter Paul di film, begitu juga dengan keluarga mungil Donny Damara sebagai Ayah, Cut Minu sebagai Ibu, Caca Angel sebagai hingga Aci Resti sebagai asisten rumah tangga. Begitu juga dengan teman-teman Gita di Jerman seperti Ali Seggaf, Debo Andryos, Rigen Rakelna, Putera Wicak, Carmela Van Der Kruk, hingga tidak lupa juga ada Junior Roberts di film ini. 

Bahkan setelah menonton film Rentang Kisah, gue malah penasaran dengan sosok Gita Savitri seperti apa. Dan yang gue temukan adalah kehidupannya dengan Paul yang baru saja menikah di tahun 2018 silam lebih menarik daripada versi filmnya. Apa mungkin di buku Gita memang tidak diceritakan berbagai macam konflik yang dialami Gita di Jerman, bagaimana kehidupan keluarga mungilnya atau cerita Paul kek. Apa justru sebenarnya bakal ada film part 2 yang bakal diceritakan lebih dalam problematika apa saja yang dialami Paul dan Gita sebelum akhirnya memutuskan untuk menikah? Bahkan yang bikin gue gak habis pikir kenapa Ayah sudah beruban-uban rambutnya dan Gita sudah kelar kuliah 5 tahun (stutkol 2 tahun dan 3 tahun kuliah) namun sang Adik masih sama aja gitu muka dan tinggi badannya, ya ganti pemain versi remaja kek masa usia 5 tahun melulu adiknya. Ya semua kembali ke selera ya, mungkin kalian merasa film ini memberikan arti mendalam atau malah seperti saya yang justru biasa aja dengan keseluruhan filmnya? Buktikan sendiri dengan menonton film Rentang Kisah di Disney+ Hotstar. 

2,5/5

Komentar