Review Film Lebaran: GHOST WRITER (2019)

Setelah menyutradarai 4 film, Ernest Prakasa kali ini mencoba sebagai produser di proyek barunya. Dengan menggandeng Bene Dion Rajagukguk sebagai sutradara, Ernest memantapkan hati untuk membuat genre Horror Komedi di proyek barunya ini. Ghost Writer, yang menceritakan tentang Naya, seorang penulis novel laris pada masanya namun kini sedang mandek ide untuk novel terbarunya. Penerbit selalu menolak ide ceritanya, hingga suatu hari Naya menceritakan sebuah kisah yang dia baca dari sebuah diary. Diary tersebut ditemukan Naya di loteng tempat tinggal barunya bersama adik tercinta Darto. Galih sang pemilik diary tersebut tidak suka dengan cara Naya yang mencuri diary miliknya. Bening sang adik Galih pun ikut membantu Galih untuk mengusik Naya dan Darto di rumah barunya tersebut. Ada apa sebenarnya dengan buku diary Galih tersebut?



Film horror di Indonesia memang sudah cukup banyak tayang setahun terakhir. Kalau boleh jujur, film horror yang sudah tayang di Indonesia kebanyakan lebih menjual sisi humornya yang cenderung garing dan beberapa ada yang lucu juga tapi mereka tetap menjual genre horror di filmnya. Lain hanya dengan Ghost Writer yang memang dari awal sudah mengatakan ini film Horror Komedi. Jadi bagi kalian yang mau nonton film ini di bioskop ketika lebaran nanti harusnya sudah siap-siap dengan unsur komedi yang akan dibagikan nantinya. Alhasil memang kelihatan porsi komedi dari Ghost Writer justru mendominasi dibandingkan horrornya. Horrornya hanya 1-2 scene saja dan itu juga salah satunya dari atmosfer yang diberikan.

Bene Dion Rajagukguk sebagai sutradara debut film panjang terlihat belum ditemukan ciri khasnya. Menurut saya justru ciri khas Ernest justru terasa sekali di film ini. Kalau kalian sadar di setiap film yang disutradarai Ernest selalu ada 2 tokoh yang menjadi kunci komedi untuk filmnya. Nah di film Ghost Writer masih ada unsur tersebut yang kali ini dibawakan oleh Arie Kriting dan Muhadkly Acho. Untungnya lawakan dari kedua aktor ini cukup berhasil memberikan gelak tawa ke penonton. Tatjana Saphira, Ge Pamungkas, Deva Mahenra, Endy Arfian, Asri Welas tampil biasa saja di film ini, lain hanya dengan Asmara Abigail justru terlihat bersinar apalagi ketika adegan menjerit. Sungguh luar biasa. Akhir kata, semoga di Lebaran nanti penonton juga terhibur dengan Ghost Writer di bioskop-bioskop kesayangan kalian.

3/5

Trailer:

Komentar