Sunday, October 28, 2012

Review: Student Of The Year (2012)


Rohan dan Shanaya adalah salah satu pasangan di salah satu sekolah bergengsi. Rohan suka kepada Shanaya. namun Shanaya tidak menganggap Rohan sebagai seorang kekasih. Sampai suatu hari, sekolah mereka kedatangan siswa baru yang bernama Abhimanyu, atau yang dipanggil akrab dengan Abhi. Abhi terlihat begitu rupawan, berbadan atletis dan memikat banyak wanita di sekolah tersebut. Rohan pun was-was ketika popularitasnya mulai pudar karena kehadiran Abhi di sekolahnya. Persaingan pun semakin sengit ketika sekolah mereka mengadakan lomba untuk meraih Siswa Teladan di sekolahnya. Pendidikan, persahabatan, atau cinta?

Nampaknya antusiasme penonton terhadap film India di Indonesia semakin banyak. Terbuki ketika menonton film ini di salah satu blitzmegaplex di atas jam 9 malam pun audi tersisa hanya 1 baris depan saja. Sebuah antuasisme yang luar biasa. Padahal film India atau bollywood sudah identik dengan film yang berdurasi cukup panjang dan isinya hanya tarian, lagu, dan kisah cinta saja. Namun poin-poin itu nampaknya tidak terlalu diperdulikan oleh para penonton pada malam itu.

Siddharth Malhotra and Varun Dhawan
Student Of The Year (SOTY) adalah salah satu film India atau bollywood terbaru yang tayang di Indonesia. Jika melihat poster dan sinopsis pasti akan menebak kalau film ini tentang percintaan remaja yang seperti FTV pada umumnya. Percintaan remaja benar adanya namun lebih baik dari FTV yang tayang di TV. Film SOTY memiliki kekuatan cerita cinta remaja yang pas. Tidak hanya mengangkat percintaan 3 orang remaja saja, disini juga membahas sebuah persahabatan itu dibangun dan tetap bisa terjaga sampai nantinya menjalani kehidupan masing-masing.

Tarian dan lagu yang menjadi ciri khas dari sebuah film bollywood atau India pun nampaknya tidak ketinggalan di film Student Of The Year. Musik, tarian dan lagu yang mengisi sepanjang film ini terasa begitu enerjik, dan membangkitkan gairah penonton untuk menggerakkan kakinya. Yang menarik dari film SOTY ini diantaranya lokasi. Lokasi yang diambil yaitu di Phuket, Thailand. Sinematografi disana terlihat begitu indah, apalagi bertebaran para wanita dengan bikini. Buat para wanita tidak perlu khawatir, di film ini para pemain cowoknya banyak yang berotot dan sixpack kok.

Alia Bhatt
Sutradara film Student Of the Year siapa sih sebenarnya? Ternyata beliau adalah Karan Johar. Siapakah beliau? Beliau adalah sutradara film Kuch Kuch Hota Hai (1998), Kabhi Khushi Kabhie Gham... (2001), dan My Name Is Khan (2010). Setidaknya 4 film beliau tersebut sudah dikenal banyak orang dan ceritanya cukup menghibur serta banyak penghargaan yang telah diraih oleh beliau karena keempat filmnya tersebut. Jadi gak usah meragukan atau takut ketiduran karena durasi 146 menit ketika menonton film ini. Kedua pemain utama pria di film ini lebih mengejutkan lagi ternyata baru pertama kali bermain di dunia perfilman, yaitu Siddharth Malhorta dan Varun Dhawan.

Akhir kata film bollywood Student Of The Year memberikan tontonan yang menghibur di tahun 2012. Film hasil sutradara dari seorang Karan Johar nampaknya mampu mengembalikan suasana Kuch Kuch Hota Hai jaman dahulu ke jaman sekarang. Dengan memilih tokoh utama yang fresh dan baru di dunia perfilman India nampaknya tindakan yang tepat buat Karan untuk menggaet para penonton khususnya wanita agar menonton film ini. Film Student Of The Year tidak hanya tentang percintaan remaja, akan tetapi disini juga ada cerita bagaimana persahabatan dibentuk dan tidak akan lepas sampai kapanpun juga. Nikmati saja ceritanya dan tidak lupa lagu yang menghibur untuk menggerakkan kaki anda! :Salam JoXa:

8,5/10




Trailer:

2 comments: