Friday, April 13, 2012

Review: Battleship (2012)


Alex Hopper bersama Stone Hopper bergabung di sebuah Armada Angkatan Laut. Alex sendiri melakukan ini semua karena ingin mendapatkan restu dari calon mertua sang pujangga hatinya Samantha, yaitu Kapten Shane. Di kapal tempat Alex dan Hopper bertugas terdapat seorang wanita hitam manis yang begitu gesit dalam melakukan tugasnya yaitu Raikes. Suatu hari, mereka didatangkan sebuah makhluk asing dan ternyata makhluk tersebut telah mengcaukan beberapa negara, bahkan banyak korban berjatuhan karena datangnya makhluk asing tersebut. Alex bersama tim Armada Angkatan Laut tersebut mencoba mencari tahu dan mengatasi masalah tersebut..

Battleship salah satu film 2012 yang cukup ditunggu-tunggu bagi para pecinta film blockbuster seperti ini. Walaupun dari trailer terasa suasana Transformer didalamnya, tapi bukan berarti sepenuhnya Battleship sama bosannya seperti Transformer loh. Bisa dibilang Battleship sebuah film yang menarik dan menghibur secara keseluruhan. Dentuman demi dentuman dari bom senjata akan menghiasi penonton di sepanjang 2 jam selama di dalam bioskop. Durasi 2 jam rasanya tidak akan membosankan karena penonton akan diajak untuk menikmati apa yang dirasakan para peserta Armada Angkatan Laut tersebut.

Dari segi cerita sendiri, sebenarnya biasa saja sih. Apalagi 10-15 menit pertama itu bisa dbilang tidaklah penting dan jayus bin garing sekali untuk sebuah pembuka film seheboh Battleship ini. Cara pemvisualan film ini dari teknologi Sci-Fi nampaknya menjadi poin plus dari film ini. Menonton film ini ibarat kayak lagi nonton presentasi sebuah taktik untuk melawan atau menyerang musuh dengan permainan didalamnya. Scoring dari Steve Jablonsky pun begitu semangat dan menyeimbangkan suasana ketegangan dari film ini. Dari segi sinematografi film Battleship menampilkan tampilan yang indah dan enak dipandang mata. Menurut gue kalau saja film Battleship ada format 3Dnya pasti lebih menarik dan berasa perangnya di dalam bioskop.


Deretan para pemain yang menghiasi film Battleship bisa dibilang bukanlah sesuatu yang baru lagi di dunia perfilman hollywood. Sebut saja Alexander Skarsgård yang bermain di 13, dan Melancolia, Taylor Kitsch yang baru saja bermain di film John Carter, Brooklyn Decker di film Just Go With It, Tadanobu Asano di Thor, aktor senior Liam Neeson dan terakhir yang paling gengges yaitu penyanyi cantik hitam manis Rihanna. Diantara semua pemain yang menarik perhatian adalah Rihanna. Karakter dirinya di film ini bisa dibilang nyablak dan terlihat alami sekali. Walaupun ketika memegang senjata masih terlihat ayu dan kurang gahar. Akan tetapi sebagai debut di sebuah film nampaknya patut diancungi jempol juga akting Rihanna di Battleship.

Karya dari Peter Berg kali ini nampaknya memberikan sesuatu yang menarik walaupun memang bukanlah yang baru untuk tipe film seperti ini. Nampaknya untuk membuat sekuel berikutnya Battleship harus mempelajari terlebih dahulu kekurangan dari film ini agar tidak terulangi lagi di sekuel akan datang (kabarnya sih tahun 2014 rilis, tunggu saja). Jika kalian membandingkan dengan Transformer rasanya itu tidak sah ya, karena tidak semua film yang berbau robot harus disamakan dengan Transformer kan? Battleship ya Battleship. Transformer ya Transformer. Dari cerita saja masih jauh lebih menarik Battleship dibandingkan Transformer. Jadi nikmati saja visualisasi dan scoring yang menggelegar dari film Battleship di bioskop kesayangan anda! ;Salam JoXa:

8/10

Trailer:

1 comment:

  1. Betul banget bro, Battleship is Battleship!

    I love this movie!!! Btw, nonton post credit scene-nya ngak bro??

    ReplyDelete