Sunday, January 15, 2012

Review: Paranormal Activity 3 (2011)

Film Paranormal Acitvity nampaknya sudah diketahui semua pecinta film. Baik yang pecinta film horror ataupun tidak sekalipun pasti tahu film pertama Paranormal Activity yang beredar pada tahun 2007 silam dan mampu menyita perhatian para penonton. Dengan mengandalkan beberapa kamera di dalam rumah tersebut dan merekam setiap kejadian di malam harinya mampu menjadikan Paranormal Activity sebagai film yang cukup memberikan inspiratif selanjutnya bagi para filmmaker lainnya. Kenapa inspiratif? Karena setelah Paranormal Activity beberapa film menggunakan gaya pengambilan film tersebut, sebut saja Last Exorcismus (2010) yang entah kenapa gue merasa ada nyawa dari film Paranormal di film ini. Dengan budget yang seminim mungkin Paranormal Activity pun selalu menuai keuntungan yang cukup fantastis. Ya setidaknya mereka “berani” membuat Paranormal Activity 4 (konon kabarnya sedang masa produksi).

Lalu apa sebenarnya yang diceritakan di Paranormal Activity 3 kali ini? Di seri ketiga Paranormal Acitivity kali ini menceritakan prekuel dan prekuel dari 2 film sebelumnya. Jadi intinya disini diceritakan awal mula Katie dan Kristi diganggu oleh makhluk halus dirumahnya tersebut. Kejadian apa sih sebenarnya yang terjadi ketika Katie dan Kristi semasa kecil? Siapa sebenarnya sosok mahkluk tersebut? Dan kenapa Kristi dan Katie serta keluarganya diganggu? Pertanyaan demi pertanyaan rasanya pantas kalian tanyakan sebelum menonton Paranormal Activity 3, semoga saja ketika selesai menyaksikan film ini kalian akan menemukan jawaban dari semua pertanyaan tersebut.

Cerita yang ditulis kembali oleh Christopher B Landon setelah di Paranormal Activity 2 nampaknya terlihat lebih baik dan jelas penyampaian maksud dari cerita di Paranormal Activity 3 ini. Dengan menempatkan 2 karakter utama disini dengan dibantu 5 karakter lainnya (kedua orang tua Kristi, Randy, Lisa dan Nenek Kristi) nampaknya lebih jelas penempatan ruang karakter dari para tokoh-tokoh tersebut. Konflik yang diberikan pun nampaknya cukup menegangkan dan memacu adrenalin serta penasaran untuk tetap bertahan sampai akhir film ini. Twist yang diberikan di akhir pun cukup menarik walaupun sebenarnya sudah ada clue di pertengahan bahwa itu akan terjadi.

Yang menarik dari Paranormal Activity 3 sendiri sebenarnya itu adalah pergantian dari hari setiap kejadian disini tidak berhari-hari seperti di 2 film sebelumnya. Jadi gak perlu bosan dan jenuh harus menunggu pergantian hari demi hari secara berurutan seperti ciri khas Paranormal Activity. Selain hal yang paling menarik adalah cara pengambilan kameranya disini dibantu dengan kipas angin, jadinya pergerakannya pun ke segala arah bukan di satu titik saja. Menurut gue disini semakin membuat penonton penasaran dan fokus untuk mengamati apa yang terjadi di perpindahan kamera tersebut. Dan bersiaplah untuk merasakan cukup seramnya dari film ini di siang hari sekalipun!

Unsur mistis yang diangkat dari Paranormal Activity 3 nampaknya cukup menarik dan kadar seramnya cukup pas untuk dinikmati. Walaupun penampakan di seri kali ini kurang nampaknya tapi unsur mistis yang diangkat disini menjadi titik keseraman dari film ini. Akan tetapi sayangnya unsur mistis tersebut kurang begitu dalam digali karna penonton tidak mendapatkan jawaban apa sebenarnya faktor munculnya dunia mistis ini terhadap keluarga Kristi. Terlepas dari kurangnya setting tahun 1988 dan ciri khas yang muncul cuma terletak pada televisi yang jadul, setidaknya diobati dengan tampilan beberapa efek di film ini yang cukup baik.

Para pemain pun nampaknya tampil sewajarnya, berbagai ekspresi takut, gelisah, resah dan ceria cukup pas. Karakter yang paling kuat nampaknya terdapat pada Kristi. Jessica Tyler Brown nampaknya bisa menjadi sosok penerus bintang film thriller atau horror di dunia perfilman nantinya. Raut wajahnya pas sekali memainkan karakter disini, terkadang raut wajahnya pun memberikan sisi physco yang cukup menakutkan. Pengalaman akting Jessica sendiri lebih ke Serial TV dan di film ini adalah debut pertamanya. Pemain lainnya ada Lauren Bittner sebagai Julie, Chris Smith sebagai Dennis, Chloe Csengery sebagai Katie, Dustin Ingram sebagai Randy, Johanna Braddy sebagai Lisa, dan terakhir Hallie Foote sebagai nenek.

Sebagai sebuah prekuel dan prekuel dari Paranormal Activity, nampaknya Paranormal Acitivity 3 kali ini cukup mampu memberikan sisi ketegangan dari film ini walaupun minimnya penampakan yang ditampilkan. Jika kalian memang penggemar dan suka dengan 2 cerita sebelum ini nampaknya harus menonton film ini. Apalagi jika kalian sempat dikecewakan dengan film Paranormal Activity 2 rasanya obat kepuasan akan kalian dapatkan ketika menonton Paranormal Activity 3. Setelah menonton film ini bersiaplah untuk lebih waspada terhadap sisi sudut rumah kalian ataupun di dalam selimut kalian. *spoiler* :Salam JoXa:

2,5/5

Trailer:


Trailer:

No comments:

Post a Comment