Friday, December 23, 2011

Sherlock Holmes: A Game of Shadows (2011)

Kehadiran Professor Moriarty nampaknya membuat Sherlock Holmes tidak tenang. Peristiwa demi peristiwa aneh yang terjadi akhir-akhir ini diduga Sherlock itu adalah otak dari Moriarty sendiri. Namun untuk menuntaskan itu semua Sherlock membutuhkan ketenangan untuk menganalisa teka-teki tersebut. Di lain cerita, Dr. Watson ternyata akan membina hubungan rumah tangga dengan Mary. Walaupun temannya akan membina hubungan rumah tangga ternyata tidak membuat Holmes patah semangat untuk melakukan misi tersebut. Sampai pada suatu hari Holmes ke tempat sebuah klub malam untuk bertemu dengan dengan Sim, seorang peramal Gipsy, yang meramalkan Holmes sedang di dalam bahaya dan kematian akan menyabut nyawanya.

Tahun 2009 silam ketika Sherlock Holmes muncul bisa dibilang baru kali ini gue kagum sama sebuah film. Bagaimana tidak kagum, sepanjang film gue dibuat mikir dengan solusi yang dibuat oleh Sherlock Holmes ketika memecahkan teka-tekinya. Dan untungnya solusi yang dibuat itu masuk akal dan memang pas untuk dicerna oleh otak serendah gue ini. Ketika akhir dari Sherlock Holmes pada tahun 2009 gue berharap bakal ada sekuelnya tapi bingung mau cerita apa lagi yang bakal diangkat. Nah di tahun 2011 ini akhirnya dibuat sekuel Sherlock Holmes dengan adanya penambahan judul Shadows Game di belakangnya. Dan ternyata menariknya sekuel kali ini tidak berbeda jauh dari yang pertama. Sama-sama menghibur dan mikir!

Cerita yang dibuat oleh Michele Mulroney dan Kieran Mulroney ini memang ada beberapa bagian yang terlihat sedikit berbeda dibandingkan pertama. Diantaranya di sekuel kali ini lebih terlihat dramanya dibandingkan perpecahan teka teki yang dibuat oleh Holmes. Selain itu pengenalan karakter di sekuel ini terlihat lebih mendalam dibandingkan yang pertama yang masih gak jelas. Scoring dari film ini bisa dibilang hampir tidak jauh berbeda dengan yang pertama. Yang menarik lainnya adalah pengambilan gambar dari film ini yang terlihat lebih baik dibandingkan pertama. Pengambilan gambar di keadaan gelap pun bisa terambil dengan fokus dan bagus.

Karakter dari Robert Downey, Jr nampaknya sudah melekat sebagai sosok Sherlock, terbukti di sekuelnya kali ini dirinya lebih terlihat matang dan menjiwai. Begitu pula dengan Jude Law sebagai teman Robert dalam mengatasi misi-misinya itu terlihat lebih baik dari Sherlock Holmes pertama. Karakter Rachel McAdams pun disini Nampak cantik dengan kostumnya dan malah terlihat mirip dengan salah satu aktris yang baru saja juga main di film box office juga. Selain Rachel disini juga ada, Naoomi Rapace yang menjadi seorang peramal dan kabarnya nanti tante Naoomi akan bermain di film Prometheus di tahun 2012 kelak.

Akhir kata, film karya panjang ketujuh dari Guy Ritchie ini bisa dibilang tidak terlalu mengecewakan dan tidak terlalu beda jauh dengan film pertamanya. Setidaknya Sherlock Holmes 2: A Game of Shadows, bisa mempertahankan film ini sebagai film yang berbau detektif. Walaupun unsur drama di sekuel kali ini jauh lebih banyak dibandingkan pertama. :Salam JoXa:




Trailer:

No comments:

Post a Comment