Wednesday, December 7, 2011

Review: Mr. Idol (Mr. 아이돌) (2011)

Produser musik Mr Children, Gu Ju merasa terpukul ketika salah satu anggota kelompok musiknya, Ji Hoon, meninggal mengenaskan ketika sedang mau melakukan pertunjukan. Setelah kejadian itu dirinya pun pergi untuk menenangkan diri. Setahun kemudian, Gu Ju kembali dan masih dipenuhi rasa terpukul. Akan tetapi dibalik itu semua dirinya masih mau membentuk kembali Mr Children dengan mencari pengganti Ji Hoon yang telah tiada. Di samping itu, dirinya juga sempat mendapatkan tawaran kerja sama dari Star Music, Hee-Moon, untuk membuat rekaman Mr. Children di dapur rekamannya.

Namun itu semua ditolak mentah-mentah oleh Gu. Gu akhirnya fokus untuk mencari tambahan personil Mr Children. Sampai pada akhirnya Eugene dipilih untuk bergabung bersama Hyun-Ji, Jio dan Ricky di personil grup Mr Children terbaru. Namun itu semua ternyata tidak segampang yang dipikirkan Gu untuk membujuk Eugene masuk ke grup tersebut. Persahabatan dan keluarga serta mimpi adalah pertimbangan yang cukup kuat untuk Eugene saat ini.

Sebuah drama korea yang tayang di bioskop Indonesia. Film drama korea bisa dibilang jarang ditayangkan serentak di bioskop Indonesia. Padahal film-film Korea yang pernah gue tonton di DVD itu paling romantic dan menyentuh kalau berbicara soal cinta. Akan tetapi, sekarang Korea nampaknya sedang mengikuti trend yang sedang mengudara saat ini. Tidak lain tidak bukan adalah boyband yang sedang trend saat ini baik di kancah nasional ataupun negeri korea sendiri. Boyband dari negri kita sendiri saja bisa dibilang sudah seperti kacang goreng. Personil pun nampaknya sudah tidak ada seleksi dari segi kualitas lagi. Yang penting punya tampang dan sudah eksis duluan bisa jadi boyband.

Dari negeri Korea sendiri boyband atau girlband yang gue tahu pun cuma SNSD dan 2PM, sisanya gak pernah tahu dan berharap tidak akan tahu lagi. Mungkin dengan adanya film berbau boyband bisa menjadi sebuah inspirasi tersendiri bagi yang berniat membentuk atau yang sedang dalam proses membentuk boy band. Namun sayangnya penggarapan secara keseluruhan dari film Mr. Idol atau Mr. 아이돌 agak kurang inspiratif dan terlihat sekali terburu-buru menuntaskan permasalahan dari film ini. Cerita yang dibuat oleh Lee Kyu-Bok, dan Ra Hee-Chan ini masih terlihat sekali meraba-raba mau memberikan cerita yang menarik. Walaupun berdasarkan kisah nyata tapi terasa sekali kurang greget yang diberikan film ini. Paling yang menarik dari film ini cuma dari scoring yang lumayan enak didengar lah walaupun kagak tahu cara nyanyinya *untung ada subtitle*.

Dari film ini yang bisa dilihat adalah bagaimana perjuangan dari Eugene dan kawan-kawan untuk membentuk Mr Children dari nol lagi. Perjuangan itu tidak semudah membalikkan telapak tangan karena adanya pertentangan dan kesirikan dari orang lain untuk menjatuhkan band tersebut. Sosok dari seorang produser Gu Ju juga bisa diteladani nih. Karena terlihat sekali dia tidak mau membentuk asal-asalan sebuah grup band. Dia mau kalau grup bandnya tidak hanya bermodalkan tampang saja tapi juga punya fisik dan mental yang kuat ketika tampil di depan umum. Kehadiran karakter antagonis di film ini sayangnya tidak memberikan sesuatu di film ini karena terlihat datar sekali pembawaannya. Walaupun ada sedikit twist di akhir film ini.

Para pemain disini bisa dibilang tampil cukup lumayan baik sepanjang film. Sebut saja Park ye-Jin sebagai Oh Goo-Joo, Ji Hyun-Woo sebagai Lee Yoo-Jin, Park Jae-Beom sebagai Jio, Jang Seo-Won sebagai Hyun-Yi, Kim Randy sebagai Ricky dll. Setidaknya penampilan keempat cowo Korea ini tampil tidak hanya dengan modal tampang saja, suara mereka ternyata tidak kalah bagus juga loh, begitu bula dengan performa akting mereka yang lumayanlah. Gue cukup salut sama karakter yang dibawakan Park Ye-Jin, dia berhasil membawakan karakter dingin dan cuek di sepanjang film ini.

Akhir kata, Mr Idol tampil dengan film yang cukup segar untuk dinikmati walaupun tidak diharapkan seperti yang gue inginkan. Unsur drama yang disajikan film ini terasa kurang kuat dan agak lama penyampaiannya. Paling gak enaknya penyelesaiannya pun hadir begitu mudah. Kalau saja lagu-lagu dari film ini tidak menghibur pastilah gue akan tertidur pulas karena cukup bosan melihat jalan cerita film ini yang biasa saja. Jadi nikmati saja scoring dari film Mr Idol ya, kalau kalian penggemar Korea pasti akan lebih menikmati karena tahu bahasanya. :Salam JoXa:

3/5

Trailer:

No comments:

Post a Comment