Saturday, October 8, 2011

Review: Don't Be Afraid Of The Dark (2010)

f

Film horror Hollywood saat ini cenderung mengambil karakter utama pemain utamanya berhubungan dengan anak-anak. Sebut saja the omen, orphan, children of the corn, pan's labrynyh, the orphanage, let me in, Case 39, Whisper, Hide and Seek, Bless the Child, Village of the Damned, The Hole, the Haunting in Connecticut, Hide and Seek, Sixth Sense, the Sign, the Omen, the Unborn. Setidaknya sebagian besar film-film yang gue sebutkan di atas sudah gue tonton dan hasilnya lumayan membuat gue cukup merinding sepanjang film berlangsung. Kini Hollywood menghadirkan film terbaru yang berjudul Don’t Be Afraid To The Dark, karakter utama kali ini hampir sama dengan yang lain yaitu mengincar anak kecil di film tersebut sebagai korban.

Tempat tinggal atau mansion klasik dan tua yang bernama Blackwood Manor, mendapati penyewa baru yang bernama Alex Hurst, seorang Arsitek. Alex Hurst membawa kekasihnya, Kim dan tidak lupa juga anak dari istri pertamanya, Sally. Ketika tiba di tempat baru tersebut, Sally pun langsung penasaran keliling pekarangan rumah tersebut sampai dirinya menemukan sebuah lorong yang ternyata menghubungkan jalan ke lorong bawah tanah mansion tempat tinggalnya tersebut. Sally pun merasa ada sosok makhluk yang memanggil namanya dan ingin menjadi teman untuk dirinya. Alex sebagai ayah tidak begitu percaya dengan cerita anaknya tersebut. Lain halnya dengan Kim yang begitu penasaran dan percaya kepada Sally hingga pada akhirnya dia mau mencari tahu asal usul sebenarnya Mansion Blackwood Minor tersebut.

Tidak ada bedanya rasa merinding gue ketika menonton tipe-tipe film yang serupa dengan ini. Entah kenapa gue merasakan sesuatu yang lebih jika melihat film horror/thriller yang pemainnya anak kecil. Mata mereka itu entah kenapa begitu menyeramkan sekali, lain lagi halnya kalau mereka kesurupan makhluk halus ya. Nah di Don’t Be Afraid To The Dark, Bailee Madison mendapatkan peran untuk anak kecil. Kalau boleh jujur gue belum pernah melihat aksinya walaupun filmography dia ada di film Letters To God, Conviction, An Invisible Sign dan terakhir Just Go With It. Penampilan Bailee disini bisa dibilang mampu membuat gue sedikit geram karena sumber masalah dari film ini adalah dari kepolosan dan kebodohan dirinya.

Alur cerita yang dibuat oleh Guillermo del Toro dan Matthew Robinns ini kelihatan kurang greget dan diselesaikan dengan baik. Terlihat banget ada beberapa bagian plot hole di sepanjang film. Penyebab kenapa makhluk tersebut mengejar cuma anak kecil itu tidak dijelaskan disini. Begitu pula dengan alasan mereka mengambil gigi anak kecil yang bisa memperpanjang hidup mereka juga tidak dijelaskan disini. Alhasil pun setelah menyaksikan film ini, semua teka-teki tersebut tidak bisa dijawab dengan baik. Walaupun durasi film ini tidak begitu lama tapi alur yang lambatlah membuat film ini semakin menggetarkan dan mengagetkan anda.

Gaya penyutradaan dari Troy Nixey sebagai awald ebut film panjangnya, bisa dibilang tidak buruk atau tidak istimewa alias biasa saja lah. Dengan lebih cenderung ke tempat-tempat gelap, dan suasana yang tua dan klasik penonton akan disajikan oleh beliau sepanjang film ini. Yang cukup disayangkan disini adalah makhluk tersebut yang terlihat kurang menyeramkan ah, malah terlihat makhluk mainan lucu-lucuan saja. Scoring dan sound design pun cukup pas disajikan film ini, setidaknya tidak mengganggu pendengaran saja itu sudah bagus untuks ebuah film horror/thriller.

Selain Bailee Madison, di Don’t Go Afraid To The Dark juga ada pemain Guy Pierce dan Katie Holmes. Sebagai seorang pasangan, chemistry diantara mereka berdua cukup terlihat bagus walaupun intesitas pertemuan mereka kurang banyak karena kesibukan Alex sebagai seorang Arsitek. Akhir kata, Don’t Be Afraid To The Dark lumayan menarik buat disimak apalagi kalau memang disajikan pada waktu tengah malam hari. Suasana menegangkan film ini nampaknya akan lebih jauh terasa… So tunggu apalagi untuk menyaksikan film Hollywood yang mengambil peran utamanya anak kecil di dalam filmnya! Buktikan sendiri apakah anda akan takut terhadap kegelapan atau tidak setelah menyaksikan film ini sendiri?!

3/5

Trailer:

No comments:

Post a Comment