Monday, July 4, 2011

A Chinese Ghost Story 倩女幽魂 (2011)

Choi San mendapatkan tugas untuk mencari sumber mata air di Gunung Hitam. Sebelum ke tempat tujuan, dirinya diberikan pedamping untuk menemaninya selama perjalanan, yaitu Tin Nga. Selain dirinya, para tahanan yang bakal dibuang disana juga menemani perjalanan Choi San. Ketika perjalanan, Choi San menjumpai seekor binatang putih lucu di dalam sebuah pohon. Dengan spontan, dirinya memberikan sebuah permen ke binatang tersebut. Beberapa lama kemudian setelah itu, tiba-tiba cuaca menjadi gelap dan angin kencang. Tin Nga akhirnya membawa mereka semua untuk berteduh di sebuah kuil yang bernama Lan York Tze. Usut punya usut, ternyata kuil tersebut tempat tinggalnya setan yang dikenal dengan Tree Demon. Choi San tiba-tiba bertemu dengan seorang gadis yang diyakini manusia, Sou Sin. Sou Sin melihat hati bersih yang dimiliki Choi San sehingga dirinya tidak rela untuk mengambil energi miliknya. Chek Ha yang memergoki serta membantu Choi San dari Lan York Tze memberitahu bahwa dirinya harus menjauhi dan tidak boleh mencintai Sou Sin karena akan membahayakan nyawanya. Namun cinta berkata lain, Choi San tetap mendekati dan menolong serta telah jatuh cinta kepada Sou Sin.

Film drama horror dari negeri Cina kembali hadir di bioskop tanah air. Kalau mau ingat-ingat kembali, yang mengingatkan film horror Cina dengan film dari negeri lain adalah adanya vampire dengan baju khas Cinanya plus kertas kuning yang ditempelkan di jidat. Sepanjang film pun biasanya suasana horrornya sedikit saja terasanya karena lebih cenderung ke arah drama atau bahkan ke komedinya. Hmmm bagaimanakah kisah dari A Chinese Ghost Story? Apakah se Ghost judulnya? Sepertinya cukup menarik untuk disimak, apalagi dengar-dengar film ini adalah remake dari tahun dulu. Simak curhatan josep berikut ini.

Cerita dari A Chinese Ghost Story bisa dibilang tidak murni cerita horror seperti judulnya. Gue secara pribadi selama menonton film ini seperti melihat tontonan yang bukan horror karena tidak ada sama sekali unsur tersebut di sepanjang film. Entah apakah memang itu tujuan dari Wilson Yip sebagai sutradara film ini yang dibuatkan ceritanya oleh Charcoal Tan, untuk membuat cerita yang tidak ada unsur horror sama sekali. Sepanjang film bisa dibilang alurnya tergolong aman untuk ditonton, maksudnya alur tidak lambat ataupun tidak terlalu cepat. Dengan adanya efek-efek yang tidak begitu mengganggu mata, juga cukup aman untuk menyaksikan film ini.

Dari deretan para pemain kalau boleh jujur gue sama sekali tidak mengetahui filmography mereka satu per satu, itu juga dikarenakan saya kurang begitu menguasai para pemain Asia. Yang bermain disini ada, Louis Koo sebagai Yan Chixia (燕赤霞), Liu Yifei sebagai Nie Xiaoqian (聶小倩), Yu Shaoqun sebagai Ning Caichen (寧采臣), Kara Hui sebagai Tree Demon (樹妖), Wang Danyi Li sebagai Xia Bing (夏冰), Louis Fan sebagai Xia Xuefenglei (夏雪風雷), Li Jing sebagai Iron Teeth (鐵牙). Nah untuk lebih jelasnya silahkan cari sendiri filmography mereka. Kalau dari akting, mereka bisa dibilang cukup bermain aman juga disini, tidak ada karakter yang spesial atau yang gampang diingat setelah tiba di rumah dari menonton film ini. Yang menarik dari film ini adalah ada pesan yang masuk logika yaitu “Manusia dan setan tidak dapat mungkin hidup bersama. Jangan pernah mengimajinasikan hal tersebut karena itu cuma sebatas ilusi saja.” Selamat menonton. :cheers:

2,5/5

Trailer:

No comments:

Post a Comment