Tuesday, March 22, 2011

Hiphopdiningrat (2010)

Satu lagi film dokumenter tanah air yang hadir di jajaran bioskop tanah air kita. Hiphopdiningrat adalah salah satu film dokementer yang beruntung tayang di bioskop walaupun cuma sebentar dan limited show. Hiphopdiningrat bisa dibilang sebuah salah satu karya anak bangsa yang menceritakan tentang musik dan budaya tanah air. Dari poster film sendiri pun sudah terlihat bagaimananya rasa cinta para pengisi film ini terhadap budaya bangsa Indonesia. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang bagaimana film ini, simak curhatan josep berikut ini.

Film ini berkisah tentang sejarahnya musik hip hop dari Amerika yang sempat hijrah ke kota kecil di Jogja. Film yang berdurasi sekitar 60 menit ini, benar-benar mempergunakan waktu seefektif mungkin sehingga penonton tidak sadar kalau film sudah selesai. Di film ini diceritakan bagaimana sebuah grup hip hop dari Jogja yang berkiprah dari titik nol hingga sukses. Mereka mengawali musik Hip Hop dari pintu ke pintu warung tegal, hingga pada akhirnya mereka bisa rekaman, dan memproduksi 500 keping kaset. Bagaimana perjuangan, suka duka mereka diceritakan di film ini. Film ini sebenarnya bisa dikategorikan sebagai semi biografi karena menceritakan biografi sebuah grup musik.

Di film ini, juga tidak hanya menceritakan bagaimana grup hip hop tersebut saja. Akan tetapi, adanya pendapat dari orang-orang tentng musik hip hop, dan tentang grup band ini juga menjadi sesuatu yang menarik untuk dinikmati. Ditambah lagi hadirnya orang asing atau bule yang begitu menyukai dengan musik hip hop yang dibawakan secara beda dibandingkan di negeri asalnya. Sisi lain yang menarik dari film ini adalah bahasa yang digunakan adalah bahasa Jawa. Memang sih penonton yang tidak paham bahasa Jawa, agak kurang mengerti jalan cerita film ini. Tapi gue yang agak kurang tahu bahasa Jawa, buktinya enjoy-enjoy saja hingga akhir film ini. Disamping bahasa, lagu hip hop yang dimainkan disini adalah menggunakan bahasa Jawa juga. Sungguh melestarikan budaya bangsa Indonesia bukan?

Overall, film ini bisa dijadikan tontonan wajib jika lo punya waktu luang. Dijamin lo bakal terhibur walaupun tidak mengerti bahasa Jawa sekalipun. Hiphopdiningrat, wuenak tenan! Selamat menonton. :cheers:

4/5


Trailer:

No comments:

Post a Comment