Saturday, March 19, 2011

The Dolphin: Story of a Dreamer (2009)

Film animasi berikut adalah salah satu blitz exclusive. Jadi film ini cuma ada di Blitzmegaplex. Mungkin sama halnya dengan film animasi lainnya yang sedang tayang juga di XXI/21 Cineplex yang juga cuma menayangkan Gnomeo & Juliet 3D di sana. Sebelum menonton film animasi pasti pada berniat mencari perbedaan keunggulan animasi di satu film dengan filmnya. Film ini tayang hanya berformat 2D, tidak seperti Gnomeo & Juliet 3D yang tayang dengan 2 versi yaitu 2D dan 3D. Lalu apakah efek animasi yang ditampilkan The Dolphin bisa tampil dengan maksimal walaupun tanpa berformat 3D? Simak curhatan josep berikut ini.

Film berkisah tentang seekor lumba-lumba yang bernama Daniel Alexander Dolphin. Dia memiliki suatu impian-impian di pikirannya. Salah satu impiannya adalah dia bisa keluar dari laguna, tempat dia tinggal sekarang. Dia ingin sekali berenang bebas ke luar laguna sana. Tapi semua itu tidak disetujui oleh salah satu anggota keluarganya. Keinginan dia keluar dari laguna pun semakin kuat ketika adanya suara dari matahari atau suara laut yang mengatakan bahwa dirinya harus meraih mimpi-mimpinya. Ketika malam harinya, dia pun nekat keluar dari laguna. Semua itu diketathui oleh salah satu anggota keluarganya. Dia memberikan suatu pilihan terakhir kepada Daniel untuk tetap tinggal atau keluar dari laguna dan tidak akan pernah bisa kembali lagi ke laguna. Akhirnya, Daniel pun memilih pilihan kedua.


Setelah Daniel keluar, dia pun seperti hewan yang benar-benar bebas. Dia berenang sesuka hatinya dan kemanapun dia mau. Dia disana bertemu dengan seekor cumi-cumi yang terlilit dengan rumput laut. Daniel membantu cumi-cumi tersebut. Sejak saat itu, mereka menjadi teman senasib dan seperjuangan (lebai). Namun kesenangan tersebut hanya sesaat, karena dia ternyata sedang diincar oleh Hiu raksasa di lautan tersebut. Pengejaran dan pengejaran antar Hiu dengan Daniel dan Cumi-cumi pun semakin sengit. Namun demikian, dengan kecerdikan Daniel dan Cumi-cumi dia pun akhirnya bisa lolos dari Hiu tersebut. Lau Daniel pun melanjutkan tujuan dia untuk meraih mimpi-mimpinya tersebut.

Cerita animasi ini sebenarnya diangkat dari Novel terkenal yang judulnya juga sama dengan filmnya "The Dolphin: Story of a Dreamer". Gue sebenarnya belum membaca novel tersebut, akan tetapi disini gue mancoba mengambil dari segi cerita yang dituangkan ke dalam film. Menurut gue, cerita animasi membawa alur suasana yang sangat membosankan. Banyaknya karakter di film ini, lambatnya alur yang dibuat film ini, dan sederhananya cerita yang diangkat film ini. Film ini bisa dibilang agak berbeda dengan animasi lainnya. Mungkin karena faktor dari asal negara pembuatan filmnya. Film ini berasal dari negara Matador, jika dibandingkan dengan karya Hollywood bisa dibilang agak berbeda kualitasnya. Persepsi gue ketika menonton trailer adalah begitu indah dan seperti menonton 3D walaupun yang diproduksi hanya berformat biasa. Namun demikian, ternyata trailer begitu menipu. Memang sih ada yang bagusnya, akan tetapi hanya seperti durasi yang dimainkan oleh trailer. Sisanya, dihadirkan gambar yang gelap. Tidak seimbang bukan?

Untuk info saja, film ini diperankan oleh sedikit pengisi suara, sebut saja Robbie Daymond, Debra L. Repashy, Debra L. Repashy, Steven Booth. Dan ternyata gue pun baru nyadar kalau Robbie Daymond mengisi suara untuk 9 karakter di film ini. Entah ini namanya pengiritan dalam biaya pemain pengisi suara atau dianya terlalu maruk untuk mengisi suara 9 karakter tersebut. Overall, film ini layak ditonton buat anak-anak, adik atau keponakan anda karena adanya beberapa pesan yang dapat diambil dari film ini yaitu salah satunya bagaimana meraih suatu impian. Selamat menonton jika masih tayang di blitzmegaplex kesayangan anda. :cheers:

2/5

Trailer:

No comments:

Post a Comment