Sabtu, 20 Juli 2019

Review Film DILARANG MENYANYI DI KAMAR MANDI (2019)

Kalau tidak salah judul Dilarang menyanyi di kamar mandi dulu pernah ada FTVnya yang diperankan oleh Aura Kasih. Kalau gak salah ingat yaaaa. Nah kali ini di bulan Juli versi layar lebarnya tayang dibintangi oleh aktris pendatang baru Elvira Devinamira. FYI aja, Elvira adalah jebolan Putri Indonesia 2014 dan TOP 15 Miss Universe 2015 sekaligus pemenang kostum terbaik di ajang Miss Universe 2015. Di industri perfilman, film Dilarang Menyanyi di Kamar Mandi adalah film kedua Elvira, dulunya pernah menjadi salah satu pacar dari raditya dika dalam film Single (2014). Keputusan memilih Elvira sebagai pemain utama pasti sudah menjadi alasan tersendiri bagi PH dan sutradara, namun balik lagi apakah Elvira mampu sebagai lead untuk mendeliver pesan dari film ini ke penonton?

Di sebuah sudut perkampungan ibukota Jakarta, Sophie memutuskan untuk tinggal disana sebagai riset S2nya. Para lelaki di kampung tersebut merasa bahagia dengan kehadiran Sophie di kampung mereka. Para lelaki bahagia karena suara nyanyian dari Sophie ketika mandi. Suara nyanyian Sophie membuat imajinasi para lelaki seakan-akan bersama Sophie. Lain halnya dengan para kaum isteri yang merasa risih dengan keberadaan Sophie karena suami-suami mereka tidak melayani para isteri hingga 4 bulan.



Film Dilarang menyanyi di kamar mandi sebenarnya memiliki premis yang oke walaupun terdengar menjijikan untuk divisualisasikan ke dalam film layar lebar. Mengapa menjijikan? Karena penonton harus dipaksakan melihat ekspresi dari imajinasi dari para suami-suami yang tidak enak dilihat rupanya. Dan adegan tersebut asli lebih lama daripada adegan mandinya Elvira di film ini. Kolaborasi John-De Rantau dan Andy Shafik di film Dilarang Menyanyi di Kamar Mandi bukanlah kolaborasi pertama, sebelumnya mereka pernah kolaborasi dalam film Wage (sutradara dan produser) dan Mars: Mimpi Ananda Raih Semesta (penata skrip dan produser). Andai saja pemilihan para pemain dipilih lebih enakan sedikit rupanya, sebenarnya film Dilarang menyanyi di kamar mandi sebuah film yang menarik dengan premis yang sudah oke.  

1,5/5

Trailer:



Tidak ada komentar:

Posting Komentar