Review Misteri Dilaila Versi 1 dan Versi 2 (2019)


Setelah 2 tahun berturut-turut sukses dengan Munafik dan Munafik 2, PH filmnya memproduksi film lagi yang kali ini memberikan unsur horror dan thriller dengan 2 versi ending. Syafiq Yusof saudara dari sutradara Munafik dan Munafik 2 sepertinya ingin memberikan 2 alternatif ending kepada penonton, ending mana yang jauh lebih disukai penonton atau tidak suka keduanya? Buat kamu yang belum nonton sebaiknya tidak membaca review di bawah karena akan bersifat spoiler. Bagi yang sudah menonton kalian lebih suka yang versi mana?

Dengan mengangkat cerita seorang pasangan suami istri sedang liburan, Jefri dan Dilaila, di salah satu harta warisan sepeninggalan kedua orang tua Dilaila. Awalnya yang terlihat manis dan tidak ada masalah, mulai terihat ada masalah ketika Jefri sibuk dengan pekerjaannya di kala liburan. Dilaila semakin kesal ketika Jefri tiba di rumah sudah malam hari. Keributan rumah tangga pun terjadi hingga Jefri harus tidur di bawah atau bukan di kamar bersama Dilaila. Ketegangan mulai terjadi pagi hari ketika Jefri tidak menemukan Dilaila di kamar tidurnya. Kemanakah Dilaila?


Jika kalian bertanya atau penasaran apa bedanya Misteri Dilaila Versi 1 dan Versi 2, jawabannya adalah ada di 30 menit terakhir dan poster Misteri Dilaila Versi 1 yang bertiga, sedangkan poster Misteri Dilaila versi 2 yang pegang kucing. Eksekusinya dibikin beda sekali, jika di Misteri Dilaila Versi 1 lebih ke Jefri sebagai objek penderita, maka di Misteri Dilaila Versi 2 objek penderitanya justru ke Dilaila. Harus diakui ketika menonton kembali film Misteri Dilaila kedua versi ini hanya untuk melihat apa perbedaan detail keduanya, terasa bosan sekali di 50 menit pertama. Ingin rasanya mempercepat durasi agar segera mengetahui klimaksnya. Persamaan kedua versi ini sebenarnya ada ya, yaitu sama-sama menggantungkan cerita yang menunjukkan ke sisi karakter Dilaila. Penonton akan dibuat bengong dengan akhir cerita dari kedua versi Misteri Dilaila.

Dari segi penyutradaraan dan editing, Syafiq Yusof lebih baik dibandingkan saudaranya yang menyutradarai Munafik dan Munafik 2. Ketika menonton pertama kali karya beliau di bioskop, filmnya terlihat smooth hingga konflik pun terjadi. Namun untuk ditonton kedua kalinya dengan pengulangan 50 menit di depannya, rasanya harus menyiapkan teman nonton seperti popcorn dan cemilan lainnya agar tidak bosan. Para pemain di film Misteri Dilaila (Zul Ariffin, Elizabeth Tan, Namron, Rosyam Nor, dan Sasqia Dahuri) bisa dibilang memiliki wajah yang terawat sekali, salut lah untuk pemilihan pemainnya, hingga peran kecil pun terlihat tidak sembarangan. Akting mereka juga terlihat menyakinkan penonton dan bikin penasaran ada apa sebenarnya dengan Dilaila ini? Agak cukup disayangkan kurang dalamnya cerita alasan terjadinya konflik dari versi 1 dan versi 2. Penilaian kedua versi ini bisa dibilang kembali ke selera penonton masing-masing. Kalau kamu suka versi Misteri Dilaila yang mana?

MISTERI DILAILA VERSI 1: 3/5
MISTERI DILAILA VERSI 2: 2,5/5

Trailer:


Komentar