Review Film Indonesia SILAM (2018)

Memutuskan tayang sendirian di tanggal 13 Desember 2018 membuat film Silam melenggang bebas mendapatkan penonton. Tidak heran hingga awal tahun 2019 film ini telah mencapai 600ribu penonton. Angka 600 ribu penonton adalah angka yang cukup besar hanya mengandalkan nama pengarang novel yaitu "Risa Saraswati from The Danur Universe". Deretan para pemain pun tidak begitu terkenal untuk mendatangkan penonton. Lantas bagaimanakah dengan filmnya? Apakah memang bikin penasaran para pembaca novelnya?

Baskara, seorang anak yatim yang tinggal bersama Ibunya, setelah ayahnya meninggal Baskara terlihat tidak ikhlas dan selalu ke kuburan ayahnya untuk berkomunikasi dengan ayahnya. Namun sang ibu melarang Baskara dan meminta agar mengikhlaskan kejadian yang menimpa ayahnya. Suatu hari Baskara memutuskan kabur dari rumah. Baskara kabur ke tempat om Anton, saudara kembar ayahnya. Setiba di rumah om Anton, Baskara merasa nyaman dengan situasi keluarga ini. Namun Baskara merasa ada sosok makhluk yang selalu mengikutinya.


Film Silam merupakan karya ketiga Jose Poernomo di tahun 2018, setelah Alas Pati dan Jailangkung 2. Jika melihat sinopsis dan posternya, terlihat bahwa film ini meemang bukanlah film yang luar biasa. Setelah menonton filmnya ada bagian yang sangat sayang tidak digali lebih mendalam oleh tim naskah film ini. Walaupun novelnya memang seperti filmnya, sangat disayangkan tidak ada perubahan yang diceritakan ke dalam layar lebar. Salah satunya adegan kejadian yang dialami oleh Om Anton dan keluarga itu kenapa tidak dijelaskan di film ini, hanya dengan siluet kebakaran lantas apakah akan membuat penonton mengerti dengan ceritanya? Selain itu sosok hantu yang ngamuk hingga masuk ke dalam boneka, kenapa tidak dijelaskan sedikit ke penonton. 

Secara keseluruhan film Silam tidak memberikan rasa takut, walaupun banyaknya jenis hantu di dalam film ini hingga 35 hantu kalau tidak salah hitung. Kalau bisa disimpulkan 600ribu penonton itu dari mana ya bisa dianalisa dari pembaca novelnya yang penasaran dengan versi filmnya atau yang tertarik karena posternya yang jualan sekali. Namun bisa ditanya ketika mereka keluar dari bioskop, apakah mereka ketakutan dengan filmnya? Saya rasa jawabannya tidak takut sama sekali.

2/5

Trailer:

Komentar