Review Film Indonesia Sesuai Aplikasi (2018)

Adink Liwutang kembali dilirik PH baru untuk menggandeng dirinya sebagai sutradara setelah tahun lalu berkarya melalui debutnya dalam film The Underdogs. Adink kali ini dibawah naungan produksi TBS Films (yang sebelumnya memproduksi film Nini Thowok), membuat genre film komedi yang mengambil tema ojek online. Ojek online saat ini sudah menjadi momok aplikasi di masyarakat Indonesia, lebih dari 50% kota-kota di Indonesia sudah dijangkau oleh ojek online. Film Sesuai Aplikasi bercerita tentang dua ojek online yang bernama Pras dan Duras, kedua ojek online ini memiliki problematika yang berbeda. Problematika mereka akan menghiasi selama 89 menit dengan garis merah di tengahnya yang harus menggabungkan mereka agar menemukan satu titik tujuan yaitu kebahagiaan untuk orang tersayang.



Jika melihat deretan pemain Sesuai Aplikasi pastilah kalian berharap film ini akan menjadi film yang lucu dan menghibur karena lawakan-lawakan dari para pemainnya yang sudah cukup berpengalaman di bidang komedi. Penampilan mereka bisa dibilang cukup baik karena masih ada bagian-bagian lucu yang diberikan. Yang patut diapresiasi di film ini adalah Titi Kamal, aktris yang terkenal dengan karakter Maura berkat Ada Apa Dengan Cinta ini tampil begitu memukau sebagai artis dan penyanyi yang meniru artis Indonesia. Titi Kamal berakting dengan luar biasa dan sangat menghibur melebihi para komedian-komedian di film Sesuai Aplikasi. Pemain baru Valentino Peter bisa terbilang masih aman bermainnya, belum meninggalkan rasa kesan sebagai pendatang baru untuk pemeran utama.

Dari segi penyutradaraan, Adink Liwutang bisa dibilang belum ada pergerakan signifikan dibanding film sebelumnya The Underdogs tahun lalu. Ciri khas Adink sebagai sutradara belum terlihat hingga karya keduanya ini. Jika melihat tema cerita dari film ini yang lumayan relate dengan kehidupan saat ini, akan menjadi pertanyaan besar seberapa banyak penonton yang akan peduli dengan hadirnya film ini di bioskop?

2,5/5



Trailer:

Komentar