Review film Indonesia Nini Thowok (2018)

 
Setelah kematian mendadak Eyang Marni, Nadine cucu tertua dari Eyang harus tinggal di hotel warisan Eyang Marni yang dijatuhkan ke Nadine. Setelah tinggal di hotel tersebut, Nadine mulai merasakan kegelisahan dan ada yang tidak beres dengan lingkungan sekitarnya. Nadine terbilang tidak percaya akan hal-hal gaib, dan kaget dengan apa yang dilakukan Mbok Girah yang memberikan sesajen. Nadine penasaran dengan satu kamar yang terkunci di hotel peninggalan Eyang Marni, dan menurut Mbok Girah kamar tersebut tidak boleh dibuka. Nadine yang tidak percaya dengan hal mistis pun memaksa Pak Rahmat, petugas kebersihan di hotel tersebut, untuk membuka kamar tersebut. Setelah terbuka, banyak benda-benda antik serta ada sebuah lukisan dan boneka nini thowok. Setelah kejadian terbukanya kamar, kejadian aneh pun terjadi.

Film Nini Thowok merupakan film yang menceritakan kalau Nini Thowok adalah perempuannya dari Jailangkung. Agak sayang sih tidak diperdalam lagi bagaiman bisa bilang kalau Nini Thowok versi perempuannya. Apa karena tampilan boneka Nini Thowok terlihat seperti nenek dengan rambut kusut jadi lantas dibilang sebagai Jailangkung perempuan? Kehadiran Natasha Wilona di industri perfilman bukanlah pertama, sebelum film Nini Thowok, Natasha pernah bermain dalam film Rumah pasung dengan Steffan William serta Relationshit yang menjadi film pertamanya. Artis senior Inggrid Widjanarko di film Nini Thowok kurnag memberikan sisi horror yang dimana kita ketahui kalau muka beliau cukup menakutkan.


Durasi yang sangatlah singkat sekitar 75 menit membuat film Nini Thowok terselesaikan begitu saja tanpa arti mendalam sebenarnya apa yang terjadi dan mengapa terjadi demikian. Masih menyimpan misteri kenapa nini thowok berkaitan dengan keluarga Nyonya Oe di puluhan tahun silam. Kehadiran Nyonya Oe di film ini pun terlihat kurang mencekam penonton. Walaupun kurang mendalam meberikan cekaman untuk sebuah film horor, namun budaya kental Chinese yang ingin diceritakan film ini terlihat begitu kuat mistisnya. Tidak mengherankan seperti demikian karena ada campur tangan Alim Sudio sebagai penulis naskah film ini. Untuk sebuah film horor Indoensia yang sudah banyak tayang dari awal tahun sampai 01 Maret 2018, ya film Nini Thowok bisa dibilang yang paling well made sampai saat ini. Semoga ada spin-off dari keluarga Nyonya Oe agar dijelaskan lebih detail ceritanya.



2/5

Trailer:



Komentar