Review film Bollywood: Pad Man (2018)

Lakshmi seorang pekerja buruh yang hidup sangat sederhana bersama ibu dan istri serta 2 adiknya. Kehidupan sehari-hari Lakshmi memperbaiki apa yang rusak, segala sesuatu yang dikerjakan Lakshmi pastilah berhasil. Namun suatu hari dia bingung dengan kondisi ketika istrinya sedang datang bulan (haid), dirinya harus menjauh dengan istrinya selama kurang lbih 4-5 hari. Karena menurut tradisi di India jika perempuan sedang datang bulan itu merasa dirinya kotor dan tidak boleh bersentuhan dengan pria sekalipun suaminya sendiri. Bahkan perempuan tersebut harus tidur di luar sesuai dengan tempat yang tersedia biasanya. Lakshmi pun mencari berbagai cara untuk membuat istrinya tidak merasa kotor dan tidur di luar ketika datang bulan. Lakshmi pun berinisiatif membelikan istrinya pembalut (pad). Akan tetapi istri serta ibunya dan warga sekitarnya merasa hina dengan kelakukan Lakshmi, terutama ketika membelikan sang istri pembalut. Apakah Lakshmi mampu mematahkan pola pikir yang sudah lama terpendam dari diri ibu dan warga sekitarnya mengenai pembalut?

Film Padman jelas sangat inspiratif dan inovatif di awal tahun 2018 ini. Bagaimana tidak, seorang pria sederhana mampu menyadarkan mengenai betapa pentingnya kesehatan dan kebersihan untuk masa depan keluarga? Selain itu film ini memberikan inspirasi ke penonton untuk membuat sesuatu yang serupa dengan apa yang dilakukan Lakshmi di film ini. Selain memberikan inspirasi ke penonton, film ini juga memberikan info-info yang mungkin saja belum diketahui penonton mengenai sebagian kecil fakta yang terjadi di India seperti apa.


Akshay Kumar sebagai Pad Man atau Lakshmi di film ini memang layaknya seorang pahlawan bagi kota India. Hasil karya inovatif dia bahkan diakui oleh PBB dan dirinya diundang ke New York untuk mempresentasikan di depan para petinggi. Film ini memang berdurasi cukup panjang yaitu sekitar 2,5 jam, namun karena isi cerita dan alur yang dibuat begitu enak untuk dinikmati jadi tidak berasa sekali durasi sepanjang itu. Kehadiran Sonam Khapoor dan Radhika Apte di kehidupan Lakshmi pun begitu baik berakting di film ini. Tidak ketinggalan penampilan khusus dari Amitabh Bachchan sebagai dirinya sendiri juga ikut serta dalam film ini. Akhir kata, film Pad Man mampu memberikan cerita yang padat dengan durasi 2,5 jam dengan tidak ada kata bosan yang akan terucap ketika menonton film yang sangat inspiratif dan inovatif ini.

4/5


Trailer:



Komentar