Jumat, 30 Desember 2016

Review Cek Toko Sebelah: Harta termanis dan berharga dari seorang Ernest Prakasa.


Setelah sukses menghipnotis 700 ribuan penonton melalui Ngenest di akhir tahun 2016, Ernest Prakasa kembali berkarya lagi di bawah PH Starvision dalam film Cek Toko Sebelah. Kali ini Ernest menggandeng 20an komika dan para pemain yang sudah tidak asing di industri perfilman Indonesia dengan cerita komedi dan drama.
 
Cara penyampaian film ini memang tercampur aduk antara komedi dan drama. Namun lawakan komedi dan drama yang kuat membuat Cek Toko Sebelah sebuah sajian komplit dalam satu film. Jika membandingkan dengan Ngenest porsi sebenarnya sama ya komedi dan dramanya tapi dikarenakan jumlah para komika yang banyak karena kebutuhan cerita mengenai sebuah toko ya wajar saja seperti ini. Yakali toko yang sudah mulai besar pesuruhnya cuma 2-3 aja, mana asik.

Dari segi penyutradaraan, harus diancungi jempol memang Ernest Prakasa ini. Karir sebagai sutradara baru 2-3 tahun lho, akan tetapi peningkatan dari pemilik bermata sipit ini sangat signifikan dibandingkan sutradara baru lainnya. Kelihatan sekali Ernest mau belajar dan menerima kritik serta saran dari film perdananya, Ngenest. Dengan peningkatan seperti ini, gue berharap Ernest Prakasa membuat sebuah film murni drama tanpa adanya komika di dalamnya. Mengapa? Gue rasa Ernest memiliki sesuatu yang lebih untuk penceritaan drama keluarga.

Setiap para komika di film Cek Toko Sebelah mampu mencuri perhatian sesuai porsi ukuran komedi yang mereka berikan. Adinia Wirasti walaupun hanya sebagai pendukung, membuktikan dirinya bisa tetap bersinar di film ini. Karakter ayu terlihat begitu apik dimainkan wanita berambut panjang ini. Begitu juga dengan Dion Wiyoko yang sangat improvement dalam berakting. Dari 5 film Dion yang rilis tahun ini sepertinya gue baru percaya ternyata Dion Wiyoko adalah salah satu aktor yang patut diperhitungkan di perfilman Indonesia. Akting Dion di Cek Toko Sebelah pecah sekali seperti Asri Welas dengan balutan lagu "harta yang paling berharga adalah...".

Nampaknya jika membahas kepiawaian akting para pemain Cek Toko Sebelah nanti akan semakin panjang isi blog ini. Pokoknya Chew Kin Wah, Dayu Wijayanto, Gisella Anastasia hingga Kaesang anak Presiden RI Jokowi bermain sangat menarik. Walaupun Gisella nampaknya harus berlatih lagi ke depannya, coba suaranya jangan diberat-beratin, normal saja seperti di Instagramnya. Terima kasih Meira Anastasia dan Ernest Prakasa untuk naskah termanis dan berharganya. Ditunggu kolaborasi kalian selanjutnya.

4,5/5

Trivia:
1. 

Trailer:
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar