Wednesday, May 29, 2013

Review: Sang Kiai (2013)


Sebuah kisah tentang KH Hasyim Asy'ari di tahun 1942. Bersama para putranya KH Wahid Hasyim, Karim Hsyim dan Yusuf Hasyim mendirikan pondok pesantren untuk warga sekitar. Selain itu KH Hasyim Asy'ari juga melakukan perlawanan kepada pasukan Jepang, sampai pada akhirnya beliau pun ditangkap serta diasingkan dari ketiga putranya tersebut. Harun, salah satu murid pesantren KH Hasyim Asy'ari tidak terima ketika tahu gurunya ditangkap oleh sekutu Jepang. Harun bersama sahabatnya Kamid dan Abdi merencanakan untuk membebaskan KH Hasyim dari sekutu Jepang.


Sebuah film semi-biopik tentang tokoh Islam yang bernama KH Hasyim Asy'ari yang berjudul Sang Kiai. Film ini bisa dibilang tidak 100% biopik tentang tokoh besar agama KH Hasyim Asy'ari, dikarenakan ada beberapa bagian yang ternyata cerita tambahan dari si penulis naskah yaitu Anggoro Saronto (Malaikat Tanpa Sayap). Untuk sebagai film semi-biopik dengan bumbu perang sebelum dan sesudah kemerdekaan, film Sang Kiai nyaris 90% memberikan segi artistik, kostum dan setting tempat yang kelihatan nyata seperti pada tahun yang memang sesuai dengan cerita. Memang film ini tentang tokoh agama Islam yang terkenal, tapi bukan berarti agama lain langsung dilarang keras untuk menontonnya ya. Justru bagi beragama selain Islam menjadi ilmu tambahan sejarah sendiri karena tahu sedikit kisah tokoh besar agama lain.

Bila ingin dibandingkan dengan film-film produksi Rapi Film selama ini, film Sang Kiai bisa dibilang adalah yang terbaik di sepanjang filmography produksinya, namun bukan berarti termasuk terbaik di sepanjang perfilman Indonesia 2 tahun ini. Tidak hanya Ikranagara dan Christine Hakim saja yang bermain apik di film Sang Kiai, pemain kecil lainnya pun terlihat bermain maksimal. Selain cerita yang agak sedikit mengganggu, di film Sang Kiai yang cukup mengganggu yaitu dari segi make-upnya yang beberapa pemain terlihat "tanning" sekali padahal tidak semua tokoh harus seperti itu di film ini. Dari segi pengisi soundtrack, nampaknya Ungu mampu memberikan bumbu yang pas ke setiap adegan di film ini. Akhir kata, film Sang Kiai, film semi biopik yang tidak hanya untuk kaum beragama Islam, bagi yang beragama non-Islam bisa jadi ilmu sejarah. :Salam JoXa:

7/10

Trailer:


No comments:

Post a Comment