Monday, April 29, 2013

Review: 9 Summers 10 Autumns (2013)

Iwan seorang anak ketiga dari sebuah keluarga yang sangat sederhana sekali di kota Batu. Sejak kecil dirinya sudah merasakan susahnya hidup. Namun kegigihan kedua orang tuanya untuk menyekolahkan anak-anak mereka tidak pernah pupus. Sampai pada akhirnya Iwan bisa menembus sekolah perguruan tinggi ternama di kota Bogor, namun hal itu awalnya dihalangi oleh Bapak Iwan karena dia merasa Iwan adalah satu-satunya penerus keluarga jadi tidak boleh keluar rumah terlalu jauh. Lika-liku Iwan untuk meraih mimpinya pun tidak semudah membalikkan tangan, akankah Iwan mampu menggapai ini semua?

Ihsan Tarore menjadi sosok Iwan di film 9 summers 10 autumns
Film adaptasi dari sebuah novel untuk kesekian kalinya tayang di bioskop, kali ini yang siap mempertaruhkan jumlah penonton yaitu dari novel 9 Summers 10 Autumns. Dengan menggandeng Ihsan Tarore sebagai bintang utama sebagai Iwan Setyawan terlihat sekali Ihsan di film ini cenderung menjadi dirinya sendiri alias pria kemayu atau tidak berakting. Yang istimewa justru dari pemain pendukung film ini yaitu Dewi Irawan dan Alex Komang sebagai kedua orang tua Ihsan. Emosi mereka cukup stabil dan baik di sepanjang film. Mungkin dikarenakan mereka berdua adalah pemain senior yang sudah makan asam garam dunia akting jadi terlihat sekali mereka berdua begitu luar biasa aktingnya di film 9 Summers 10 Autumns.

Yang cukup disayangkan dari film 9 Summers 10 Autumns yaitu lagu Dira Sugandi dengan Ihsan mengapa diletakkan setelah credit title? Padahal lirik lagunya ada kesinambungan dengan jalan cerita film ini sendiri. Sosok Dira Sugandi dan Agni Pratistha di film ini terlihat kurang begitu spesial, mungkin dikarenakan film ini memang mengedepankan tokoh Iwan dan kedua orang tuanya dibandingkan saudara Iwan sendiri. Jika melihat dari gaya penyutradaraan Ifa Isfansyah di film ini, penulis melihat ada sesuatu yang lain dari beliau di film ini. Entah kenapa penulis melihat film 9 Summers 10 Autumns bukan karya Ifa banget. Terlpeas film ini bukan Ifa banget, akan tetapi film 9 Summers 10 Autumns dikemas dengan alur yang enak untuk ditonton sendiri ataupun bersama kelaurga anda di bioskop. :Salam JoXa:

7/10

Trailer:

No comments:

Post a Comment