Thursday, February 28, 2013

Review: Misteri Cipularang (2013)


Tol Cipularang menuju kota Bandung pasti sudah tidak asing lagi bagi setiap yang sering melewati tempat tersebut. Cerita mistis yang konon kabarnya terdapat dibalik lokasi tersebut semakin marak terdengar oleh masyarakat yang sering melewati tempat tersebut. Nah setelah film Dewi Perssik yang sekedar tempel lokasi kejadian di jalan tol Cipularang ini, sekarang muncul lagi film dengan judul Misteri Cipularang yang kabarnya siap menghantui anda. Menghantui? Nampaknya Dede Ferdinand gagal sebagai sutradara untuk membuat film ini seperti menghantui penonton. Bahkan ketika menonton film ini terpantau 2 orang meninggalkan studio sebelum selesai. Seperti apa sebenarnya cerita dari film Misteri Cipularang tersebut?

Singkat cerita, film ini bercerita tentang seorang bintang baru yang sedang naik daun dan dikenal sebagai playboy alias hobi gonta ganti pasangan. Bintang tersebut bernama Farrel yang didatangi mantan pacarnya, Putri. Putri meminta pertanggungjawaban Farrel karena dirinya kini sedang mengandung hasil hubungan dengan Farrel. Akan tetapi Farrel tidak mau bertanggung jawab karena karirnya saat ini sedang naik. Putri pun kecewa dan semakin sedih lagi ketika kedua orang tuanya tidak ingin melihat Putri di rumah lagi. Semakin kecewa lagi dirinya memergoki Farrel dengan pacar barunya Angel. Farrel pun meminta bantuan kedua temannya untuk membujuk Putri agar menguguri kandungannya. Kedua teman Farrel pun menurutinya dan membawa Putri ke Bandung, akan tetapi di tol Cipularang, Putri meminta turun disana. Setelah turun dari mobil Putri pun ketabrak mobil dan mengakibatkan dirinya tewas seketika. Arwah Putri pun gentayangan  untuk membalasdendamkan kepada Farrel dan Angel serta mantan dan orang terdekat Farrel.


Ya begitulah cerita Misteri Cipularang versi Dion Adimufti yang terlihat begitu tidak masuk akal. Kenapa tidak masuk akal? Sebodoh-bodohnya manusia pasti tidak akan menurunkan penumpang di pinggir jalan tol, apalagi di pinggir jalan tol Cipularang yang notabene sudah terkenal. Lebih bodohnya lagi, setelah turun dari mobil kericuhan suasana jalan tol pun tidak terasa. Tiba-tiba malah ada mobil seperti supir yang sedang mabok dan menabrak Putri sampai tewas seketika. Semakin bodohnya lagi Putri ketika turun dari mobil bukan langsung menepi malah seperti santai menerima dirinya akan ditabrak mobil dengan kelajuan tinggi. Masalah setelah Putri menuntut balas dendam sih wajar-wajar saja, yang dipermasalahkan dari film ini adalah "Misteri Cipularang"nya. Masa disebabkan karena cerita bodoh seperti ini misteri tersebut menakuti masyarakat?


Nampaknya Dede Ferdinand semakin menurun kualitas penyutradaraannya.Setelah menyutradarai 3 Playboy Galau yang secara keseluruhan terlihat garing, sekarang di film Mister Cipularang beliau mencoba sesuatu yang ekstrim dengan cerita "kisah nyata" ditambah efek visual seperti kaca bertebaran, darah dimana-mana, dan make-up hantunya. Sayangnya, semuanya itu terlihat tidak memorable dan semakin menurunkan kadar kualitas beliau sebagai sutradara baru di industri perfilman Indonesia. Semoga saja ada kenaikan jumlah penonton senilai 23ribuan dari film 3 Playboy Galau terdahulu. Jika tidak ada kenaikan sangat diharapkan Dede Ferdinand agar kembali bertobat atau kalau tidak akan dijejerkan dengan sutradara kacrut yang lebih dahulu sudah ada sebelum beliau. :Salam JoXa:



Trailer:

No comments:

Post a Comment