Thursday, September 27, 2012

Review: Kutukan Arwah Santet (2012)

Cerita berawal dari pasangan mahasiswa Kedokteran yang berhubungan badan di sebuah lab biologi kampusnya. Kejadian memalukan menimpa mereka. Alat kelamin Firman tidak bisa lepas dari kelamin Mirna. Firman pun panik dan bingung, sampai akhirnya meminta bantuan kedua temannya Fandi dan Johan. Ternyata Johan emosi dan menampar plus mematahkan kepala Mirna secara tidak sengaja. Firman pun bingung dan panik. Akhirnya mereka memutuskan mengubur mayat Mirna di dalam bak kamar mandi kampusnya.

Setting berpindah 4 tahun kemudian, ketika ada korban yang menimpa lagi di kampus tersebut. Lokasinya pun sama dan lebih mengerikan lagi alat kelamin pria tersebut putus dan ada cakaran di tubuhnya. Tya, yang merupakan adik dari Mirna, yang belum ditemukan mayatnya itu pun panik mencari kakaknya. Tya dibantu oleh Ruben dan Mumud untuk mencari kakaknya tersebut. Di tengah pencarian tersebut, dosen baru yang sudah 15 tahun tinggal di Perancis menjadi bagian dari kampus tersebut. Perhatian kepada Dosen Kirana pun semakin tidak menentu di kampus tersebut.

Kejadian misterius pun banyak terjadi setelah keberadaan Dosen Mirna. Johan ditemukan tewas secara mengenaskan di toilet pub oleh Kirana. Demikian juga dengan Fandi, yang notabene sekarang menjadi dosen di kampus Tya, juga tewas secara mengenaskan dan nasibnya sama kayak korban lainnya. Bahkan Mumud, sahabat Tya pun menjadi korban, yang tewas di kamar mandi kampusnya sendiri. Semua gara-gara Mirna. Namun Mirna merasa dirinya tidak melakukan semua ini. Dia malah merasa ada wanita yang mengikuti ketika memasuki rumahnya sendiri. Tya pun melihat siluet gambar wanita ketika melihat cetakan foto yang diambil oleh Mumud sebelum meninggal.


Tya dan Ruben pun melanjutkan pencarian terhadap foto yang tersisa peninggalan Mirna, kakaknya. Disana ada 3 orang lagi yang belum menjadi korban, yaitu Firman, Ade, dan Baby. Baby dikabarkan meninggal secara misterius di Rumah Sakit. Sedangkan Firman setelah dicari tahu ternyata adalah adik kandung Kirana sendiri. Tya dan Raymond, pacar Tya, pun kaget. Akhirnya Kirana dibawa ke Rumah Sakit untuk perawatan lebih lanjut karena kondisinya kritis. Di akhir cerita ada twist dari film ini, Tya yang sedang bersama Raymond di kantornya tersebut dikagetkan oleh sebuah foto. Foto sepeninggalan Mirna disimpan oleh Raymond. 

Raymond pun memberitahu semua apa saja yang terjadi. Raymond ternyata bernama panjang Ade Raymond, dan Ade itu adalah dalang dari penyebab Marni harus meninggal secara mengenaskan. 4 tahun lalu, Ade ternyata sempat suka sama Marni akan tetapi tidak semudah itu karena Firman telah menjadi pacar Marni. Ade sendiri pada waktu dulu adalah pacar Baby, yang baru saja ditemukan meninggal secara misterius di Rumah Sakit. Ade sudah muak dengan sikap Baby. Akhirnya dia ke dukun untuk meminta tolong agar menyantet Baby dengan ramuan. Ramuan yang niat awalnya akan diberikan untuk Baby ternyata diketahui Baby sendiri. Akhirnya Baby memberikan minuman tersebut kepada Mirna. Oleh sebab itu, Mirna di malam itu terlihat begitu lain dan mau melakukan hubungan badan dengan Firman. Tya teriak, Kirana bangkit dan cerita pun selesai.

Demikian cerita keseluruhan dari Kutukan Arwah Santet yang tayang di akhir bulan September, yang seharusnya ceria. Setelah sudah lam tidak dihadirkan film-film horror akhirnya di minggu terakhir bulan September ada 2 film sekaligus muncul, diantaranya Kutukan Arwah Santet dan Misteri Pasar Kaget. Kutukan Arwah Santet sendiri adalah film dari Shank RS yang sudah terkenal memproduseri film esek-esek horror. Film terakhir di awal tahun 2012 sendiri dengan judul Rumah Bekas Kuburan. Bahkan menurut jadwal awal, film KAS sebenarnya rilis bulan April, akan tetapi karena persaingan film, terpaksa mundur sampai bulan September.


Musik sinden di sepanjang film ini cukup menarik lah ya, setidaknya musik yang biasa mengganggu kuping agak sedikit terkendali dengan alunan sinden tersebut. Para pemain disini selain Julia Perrez, yaitu Cinta Ratu, Anjani, Dwi AP, Erlandho S, Jenny Cortez, Robby Purba, Ruben Onsu, dan Samoedra Safera. Cerita Kutukan Arwah Santet yang mengganggunya itu cuma dibagian kasus Cirebon entah kenapa tidak dikaitkan lebih dalam. Jadi semua berkesan hanya tentang kesalahan yang dilakukan Mirna dan Firman saja. Berita-berita yang mengkaitkan dengan kasus di Cirebon pun terasa cuma tempelan begitu saja. Terus maksud Jupe masih bangun itu apa coba? Berniat dibuatkan sekuel gitu? IH, CUKUP DONG! :Salam JoXa:

1/5

Trailer:

No comments:

Post a Comment