Friday, August 17, 2012

Review: Tanah Surga... Katanya (2012)


Salman, seorang bocah yang tinggal di sebuah perbatasan Indonesia dengan Malaysia. Walaupun tinggal disana dan cenderung lebih kearah budaya Malaysia, Salman memiliki jiwa Nasionalisme yang tinggi sebagai bocah cilik Indonesia. Berkat cerita-cerita dari sang Kakek, yang merupakan mantan sukarelawan Konfrontasi Indonesia Malaysia tahun 1965, yang sudah ditinggal istrinya dan memutuskan tetap bertahan hidup ini, membuat cucunya Salman terlihat begitu menghargai perjuangan para pahlawan dahulu. Ajakan dari ayahnya untuk pindah bersama adiknya Salina ke negeri Malaysia pun ditolaknya. Kisah Salman pun dimulai disini, sebuah Tanah Surga.... Katanya.

Setelah Brandal Brandal Ciliwung, film lebaran tahun ini disemarakkan kembali dengan judul Tanah Surga... Katanya. Dengan poster yang terlihat begitu memilukan dari kedua bocah menjadi gambaran bahwa film ini sebenarnya kurang menjual untuk ditonton. Akan tetapi, ternyata poster yang begitu kelam tidak sekelam jalan cerita filmnya. Jalan cerita yang singkat dan cenderung standart yang didalamnya terdapat rasa nasionalisme tinggi sebagai kagumnya terhadap Warga Negara Indonesia adalah poin utama yang ingin dibagikan film ini.

 

Rasa semangat nasionalisme Salman disini pun patut dicontoh dan diancungi jempol. Terlihat bagaimana perjuangan Salman untuk menghargai perjuangan para pahlawan dimasa lalu dan tanpa adanya tampilan Salman harus berperang untuk membangun rasa semangat nasionalismenya tersebut. Selain itu sentilan demis entilan yang cenderung ditujukan kepada pemerintah saat ini juga dilontarkan film ini melalui dialog-dialog. Penempatan musik di film ini rasanya sangat disayangkan. Sering kali tidak pas dan cenderung mengagetkan. Penempatan iklan yang cenderung menjual juga tetap terjadi di film ini. Walaupun tidak separah produksi Deddy Mizwar lainnya, tapi momen satu scene disini terlihat memang "iklan" sekali.

Kehadiran pemain-pemain baru disini diantara lain ada Osa Aji Santoso, Fuad Idris, Ence Bagus dan Tissa Biani Azzahra. Selain mereka para pemain senior juga tidak kalah ikut serta bermain di film ini diantaranya Ringgo Agus Rahman, Astri Nurdin dan Deddy Mizwar sendiri. Akhir kata, film Tanah Surga... Katanya yang merupakan karya dari Herwin Novianto adalah paket double untuk Film lebaran tahun ini dan juga film yang menyambut kemerdekaan Indonesia ke-67. Sebuah film yang sungguh wajib ditonton saat ini. Sampai saat ini diantara keempat film Indonesia yang tayang di lebaran tahun ini, film ini adalah film lebaran 2012 terbaik. :Salam JoXa:

7,5/10

Trailer:

No comments:

Post a Comment