Saturday, August 11, 2012

Review: Seven Something / รัก 7 ปี ดี 7 หน (2012)


Tidak terasa produksi film Thailand yang dikenal dengan nama GTH ternyata sudah berusia 7 tahun. Berbagai film-film dari produksi tersebut hampir semuanya tidak ada yang pernah mengecewakan sama sekali. Sebagai rasa syukur mereka di usia ke-7, sebuah film omnibus yang disertai 3 cerita dan 3 sutradara mereka persembahkan buat pecinta film-film mereka selama ini. Dengan judul Seven Something atau รัก 7 ปี ดี 7 หน (Rak Jed Pee Dee Jed Hon), cukup memberi arti makna dari perayaan ulang tahun mereka yang juga 7 tahun.  Cerita ketiga segmen itu diantaranya berjudul “14”, “28” dan “42.195”.

“14”
Kisah cinta Puan dan Milk yang dimana mereka adalah masih duduk di bangku sekolah. Percintaan mereka berdua yang begitu indah di awal ternyata tidak semulus itu. Sifat Puan yang terlihat sangat eksis di dunia maya karena memiliki semua akun social media yang sedang trend saat ini nampaknya membuat Milk resah. Keresahan itu semakin jelas ketika kegiatan privacy mereka berdua saja yang tahu ternyata orang banyak tahu juga karena kelakuan Puan sendiri.

Jirayu La-ongmanee (Phobia 2, SuckSeed), Sutatta Udomsilp (Laddaland)
“28”
Mam dan John adalah mantan bintang film terkenal 7 tahun lalu. Sekarang kondisi mereka sudah berubah karena masalah keuangan. Sampai pada suatu hari Mam mencari Jon untuk membujuknya bermain kembali di film mereka yang kini dibuatkan sekuelnya. Mam terlihat begitu ambisi untuk mendapatkan kembali peran utama di sekuelnya kali ini. Namun lain halnya dengan Jon yang terlihat tidak mau lagi terlibat di dunia perfilman.

“42.195”
She tidak sengaja bertemu dengan He ketika sedang lari sore di taman dekat tempat tinggalnya. Ternyata He adalah seorang pelari marathon yang sedang latihan dalam kompetisi lari marathon berikutnya. Sejak pertemuan itu, She belajar akan namanya hidup dan lambat laun mulai berubah. Akan tetapi semua tidak segampang itu karena She cenderung suka mengingat masa lalunya.

Nichkhun "2PM"

Review:
Cerita ketiga segmen diatas cenderung lebih ke kehidupan sehari-hari. Dimana adanya percintaan, persahabatan dan pekerjaan didalamnya. Setiap segmen memiliki keunikan dan gaya alur cerita mereka sendiri. Cerita “14” nampaknya cukup menyentil para social media-user saat ini. Keunikan dari segmen ini adalah adanya sisi visualisasi yang keren dengan suara khas film-film Thailand. Selain itu wajah pemeran utama disini juga begitu remaja dan kuat sekali chemistry diantara mereka berdua. 

Cerita “28” mulai agak menuju dewasa dibandingkan cerita “14” yang terlihat remaja sekali. Disini lebih ditujukan bagaimana sifat dewasa seseorang dalam menghadapi keputusan dan salah satunya berhubungan dengan hati. Dengan alur maju mundur penonton akan dibuat mengerti apa sebenarnya cerita dari segmen ini. Cerita terakhir “42.195” lebih ke arah usia 30-an dan disini pemeran utamanya tidak asing lagi yang merupakan personil dari 2PM yaitu Nichkhun. Alur cerita segmen ini bisa dibilang terlalu ngambang dan nyaris terkesan datar. Sungguh disayangkan sih kalau hanya mengandalkan pemain dengan ketenaran tapi hasilnya biasa saja. 

Secara keseluruhan Seven Something sebuah film Thailand dengan format omnibus yang memberikan nuansa manis, menyentuh dan unik. Jika kalian memang pecinta film Thailand, rasanya tidak perlu kaget lagi ketika menonton film ini. Oh iya selain keenam tokoh utama di film ini beberapa pemain pendukung di film ini juga berasal dari film-film GTH sebelumnya, jadi bersiaplah bernostalgia sedikit dengan mereka. Selamat ulang tahun GTH yang ketujuh! :Salam JoXa:

8,5/10


Trailer:

4 comments:

  1. ada kesalahan karakter pada story yang 14 gan..
    karakter yang eksis adalah puan (sang cowok) dan karakter milk adalah karakter ceweknya..
    jadi kebalik nih gan nulisnya , dikoreksi yah :)

    ReplyDelete
  2. Yang di bagian film "14" kayaknya kebalik tuh, Puan itu yang cowok, Milk itu si ceweknya..

    ReplyDelete
  3. mantap...paling ngga review ini bisa menjadi pengobat penasaran sy *dikit*...salah satu film yg sy tunggu2 nih, tunggu link donlotnya :D *nasib, kota yg teaternya ngga muter film2 Thailand (T_T)..mantap jendrall

    ReplyDelete
  4. AAAAAAAAAAAAAAAK. Nyesel ngga nonton ini kemarin. Aku lebih memilih nabung buat modal nikah sih. *tetep*

    ReplyDelete