Thursday, August 16, 2012

Review: Brandal Brandal Ciliwung (2012)


Tirto, Jaka, Timur, Umar dan Raja adalah lima sahabat yang tinggal di belakang kali Ciliwung. Mereka menamakan kelompok mereka dengan nama Brandal Brandal Ciliwung. Di sekolah mereka ada kelompok lain yang begitu sinis dan berusaha menjatuhkan kelompok Ciliwung ini. Sampai suatu hari mereka bertemu dengan seorang anak perempuan bernama Sissy yang baru saja pindah ke wilayah mereka. Sissy ingin sekali bergabung dengan kelompok Brandal Ciliwung, akan tetapi Jaka tidak setuju karena bagi dia cewek itu merepotkan. Di lain pihak, kelompok yang selalu menjadi musuhnya menantang kelompok Brandal Ciliwung untuk bertanding. Akankah mereka menang?

Salah satu film Lebaran di tahun 2012 dengan genre anak-anak yang berdasarkan sebuah novel lama. Dengan mengangkat bintang utama kelima bocah-bocah cilik, disini sudah jelas kalau film ini untuk anak-anak. Kelima pemain utama disini yang paling membekas hati adalah Endy Arfian, yang pernah bermain di tahun lalu sebagai Januar di film The Perfect House. Disini Endy terlihat lebih kelihatan anak-anaknya dibandingkan filmnya terdahulu. Namun walaupun terlihat anak-anak akan tetapi gaya Endy dan keempat teman lainnya terlihat sangat mewah untuk seorang yang tinggal di bantaran kali Ciliwung, atau yang suka berenang di kali.


Aksen sebagai bocah-bocah bermuka kosmopolitan malah cenderung terlihat pada kelima brandal-brandal Ciliwung ini. Naturalisme yang diberikan kepada mereka tidak terlihat di film ini. Agak cukup disayangkan sih, kalau dari pembawaan karakter adalah menjadi alasan film ini terlihat lemah. Selain itu cerita dari film ini terlihat panjang dan bertele-tele. Kalau dipangkas lebih sedikit pasti akan lebih mengasyikkan untuk dinikmati. Walaupun terlihat lemah dari sisi pembawaan karakter anak-anaknya tapi film ini tetap mengedepankan sisi pesan moral. Banyak pesan moral yang dapat dicontoh anak-anak saat ini dari brandal-brandal ciliwung ini.

Selain Endy Arfian, Julian Liberty, Sehan Zack, Aldy Rialdy, dan M. Syafikar, ada juga pemain lain yang ikut di film ini, diantaranya Gritte Agatha, Ira Wibowo, Hengky Soelaiman, Lukman Sardi, Idrus Madani, dan Olga Lydia. Para pemain senior disini cukup bermain dengan gaya khas mereka sendiri. Akhir kata, sebagai film yang menyambut Lebaran tahun ini, Brandal Brandal Ciliwung sungguh sangat disayangkan dari segi pembawaan karakter dan cerita yang bertele-tele untuk sebuah film anak-anak, namun memiliki keunggulan dari segi scoring yang asyik dan kehadiran pemain senior. :Salam JoXa:

6,5/10

Trailer:


No comments:

Post a Comment