Thursday, July 5, 2012

Review: Jendral Kancil The Movie (2012)


Guntur bersama teman-temannya melakukan misi penyerbuan terhadap para preman-preman yang selalu menodong mereka setiap pulang sekolah. Akan tetapi perilaku dia tersebut dianggap gurunya sebagai tindakan yang tidak sepantasnya dilakukan anak-anak seusianya. Masa skorsing selama beberapa hari pun harus dirasakan Guntur. Selama masa skorsingnya berlaku pada dirinya, ternyata SD Lentera Hati, tempat dia bersekolah kedatangan murid baru yang merupakan artis sinetron, Ratu Pelangi. Teman-temannya yang dahulu mendukung Guntur pun mulai terbagi dua karena kehadiran sosok Ratu di sekolahnya. Masalah berat pun harus dirasakan sekolah tempat Guntur dan kawan-kawannya. Tanah sekolah mereka diincar para mafia. Akankah Guntur bisa menyelesaikan masalah sekolahnya tersebut bersama teman-temannya yang sempat terpecah belah?
Sebuah remake dengan judul yang sama di tahun 1958 kini dikemas ulang oleh sutradara Harry Dagoe Suharyadi. Sutradara Harry sendiri filmographynya di bidang film anak-anak sudah ada diantaranya Melodi pada tahun 2010 dan Ariel & Raja Langit pada tahun 2005. Selebihnya beliau cenderung ke film berbau horror kelas B kebawah. Dengan mengikutsertakan Ahmad Albar di film ini nampaknya menjadi tolok ukur film ini tetap punya identitas yang berhubungan dengan film yang dibuat tahun 1958 silam. Kebetulan Ahmad Albar pada tahun tersebut, ikut serta dalam filmnya. Para pemain yang terlibat di film Jendral Kancil The Movie bisa dibilang cukup menghibur dan cukup kuat dengan karakter mereka masing-masing.


Dari segi cerita, film ini malah cenderung seperti film FTV anak-anak yang dibuat ke layar lebar. Masalah teknis visual 3D yang diberikan film ini pun nampaknya tidak memberikan sesuatu yang lebih. Akan tetapi sebagai film indonesia pertama kali dibuat dalam 3D, bisa dibilang Harry cukup nekat namun tetap cerdik karena hanya menayangkan terbatas dalam format 3D di bioskop tertentu saja. Para pemain dewasa yang ikut serta di film ini diantaranya Sita nursanti, Mpok Atiek, Indra Bekti, Vincent Rompies, dan Rasyid Karim bisa dibilang cukup membuat film ini agak sedikit lebih hidup dan berwarna. Akhir kata, film Jendral Kancil The Movie salah satu film indonesia dengan tema anak-anak yang cukup menghibur di sepanjang filmnya. Duh sayang banget rasanya kalau generasi anak-anak sekarang melewatkan film seperti ini. :Salam JoXa:

7,5/10


Trailer:

No comments:

Post a Comment