Thursday, March 15, 2012

Review: Mata Tertutup (2011)

Film karya Garin Nugroho terbaru dengan 3 cerita yang memiliki benang merah yang kuat di dalamnya. Seorang aktivis muda yang bernama Rima, yang terlihat sekali begitu semangat menjalankan aktivitas barunya. Aktivitas tersebut berhubungan dengan organisasi NII yang dikenal melenceng dari hukum agama Islam. Di tempat lain, Asimah masih menunggu dengan cemas dan was-was karena anaknya Aini tidak pulang-pulang ke rumah. Ada kabar yang beredar kalau Aini masuk terperangkap di kumpulan NII tersebut. Di cerita terakhir ada seorang anak muda, Jabir, yang begitu kesulitan dalam perekonomian. Dari ketiga cerita tersebut bisa membuka mata bagi yang selama ini tertutup dengan lingkungan sekitar yang sebenarnya.

Film Karya Garin Nugroho yang seharusnya tayang di tahun 2011 karena penayangan screeningnya sendiri sudah diadakan pada bulan akhir September lalu. Mata Tertutup bisa dibilang sebuah film yang begitu "berani" mengangkat realitas kehidupan yang ada. Jika kalian masih ingat tentang berita heboh tentang NII pada waktu beberapa waktu lalu, nah di film ini Garin menuangkan dalam cerita dan visual. Bisa dibilang film ini memang agak cukup sensitif dan susah untuk disensor jika memang harus dilakukan pensesoran. Tapi namanya juga mengangkat realitas kehidupan yang ada ya memang harus begitu, tampil "berani".

Cerita yang diangkat memang terdiri dari 3 kisah akan tetapi keterkaitan satu sama lain tidak akan membuat penonton bingung dan memutar otak dengan cerita yang ada. Penonton malah merasakan sebaliknya yaitu dapat menikmati film ini dengan baik karena editan yang baik sekaligus bisa membuka mata dan hati penonton bahwa inilah sebagian kisah sebenarnya yang terjadi pada NII tersebut. Eitts bukan NII aja kok sebenarnya, NII disini cuma sebatas objek yang memang sempat HITS dibahas beberapa waktu lalu. Tapi dengan menonton film ini penonton diharapkan bisa lebih waspada terhadap lingkungan sekitar, bahwa orang yang dibalik agama sekalipun bisa saja memberikan sisi negatif.

Film Mata Tertutup sendiri dibintangi pemain-pemain baru. Yang terkenal di film ini hanyalah Ibu Jajang C Noer saja. Walaupun deretan pemain lainnya masih tergolong baru, akan tetapi penampilan mereka bisa dibilang memberikan akting yang cukup bagus dan menghibur. Ada beberapa tokoh disini yang terlihat mampu membangun suasana lambatnya alur film ini. Dengan biaya produksi yang konon kabarnya cuma 600 juta film ini rasanya lebih "mahal" dibandingkan film-film lainnya yang asal jadi tayang saja. Ya semoga saja para penonton film indonesia yang benar-benar "haus" film indonesia harusnya sih segera menonton film ini di bioskop. Berhubung juga film ini hanya tayang di Plaza Senayan XXI, Metropole XXI, Pondok Indah Mall I XXI dan Blok M Square 21 jadi diharapkan sesegera mungkin untuk menjadi bagian penonton film ini.

Akhir kata, film Mata Tertutup sebuah karya Garin Nugroho yang terbaru dengan cerita yang cukup berani di dalamnya. Walaupun agak berani tapi disini penonton bisa diajak Garin untuk membuka mata dari beberapa bagian yang tertutup selama ini dan belum terungkap sampai saat ini. Dengan deretan para pemain yang menghibur dan bermain dengan cukup baik rasanya cukup seimbang dengan lambatnya alur yang diberikan film ini. Silahkan saksikan sendiri di bioskop-bioskop yang sudah sebutkan di atas. Selamat menonton dan membuka mata! ;Salam JoXa:

7,5/10

Trailer:

3 comments:

  1. Bakalan keren neh kyknya..

    salam kenal gan, kunjungi dan berkomentar juga ya di blog ane

    ReplyDelete
  2. JANGAN LUPA NONTON YA! Salama kenal juga! Makasih sudah mau berkunjung ke blog ane gan!

    ReplyDelete
  3. alhamdulillah saya udah nonton...kalau boleh beropini... saya kira ceritanya lumayan ok, dan memberikan informasi bahwa oh gitu yah a pesan dari makna nama Aini "mata"

    ReplyDelete