Friday, February 17, 2012

Review: This Means War (2012)

FDR Foster dan Tuck adalah dua sahabat yang bekerja sebagai agen CIA. Kesamaan mereka yaitu hidup sendiri tanpa adanya kekasih yang benar-benar mencintai mereka. Latar belakang percintaan mereka agak berbeda, dimana Tuck pernah mengalami kegagalan dalam hal menjalani rumah tangga sampai mendapatkan 1 anak. Lain halnya dengan FDR Foster yang memiliki muka playboy belum bisa sungguh-sungguh menjalani suatu hubungan ke tingkat serius. Sampai suatu hari, mereka iseng untuk mengikuti perjodohan via website. Hasil mengikuti perjodohan tersebut ternyata mereka menemukan wanita yang sama yaitu Lauren Scott. Lauren, wanita yang sudah beranjak kepala tiga pun kini bingung untuk menentukan pilihan diantara mereka berdua. Di sisi lain akankah FDR dan Tuck mengorbankan pekerjaan dan persahabatannya demi cinta?


Film bertema 2 sahabat yang meraih cinta nampaknya sudah tidak asing lagi di dunia perfilman Hollywood. Setidaknya yang cukup berkesan adalah Bride Wars dan entah kenapa menonton This Means War, gue melihat ada unsur film Bride di film ini namun yang membedakan hanyalah dari jenis kelamin tokoh utama. Jika mengambil tema cerita yang berhubungan dengan CIA langsung mengingatkan pada film Mr. & Mrs. Smith yang pastinya semua orang sudah pada tahu film ini. Film sutradara arahan McG yang pernah membuat Charlie Angels dan Terminator Salvation ini nampaknya membuat kemasan yang biasa aja tanpa sesuatu yang istimewa di dalamnya. Cerita yang ditulis Simon Kinberg dan Timothy Dowling pun terasa mengambang di bagian depan sampai menuju pertengahan.

Kalau saja naskah dibuat lebih fokus satu per satu penceritannya pasti akan jauh lebih menarik untuk disimak film ini. Yang seharusnya menjadi titik awal cerita dari film ini malah terlihat diasingkan begitu saja dan tahunya tiba-tiba muncul dan menghilang sesuka hatinya. Suasana hiburan yang ditonjolkan film ini nampakanya cukup saja untuk sebuah film drama romantis komedi. Ada beberapa bagian yang nampaknya terlihat membosankan. Untuk bagian scoring nampaknya film ini cukup baik karena easy listening. Deretan para pemain, nampaknya cukup menolong film ini. Sebut saja aktris cantik Reese Witherspoon, yang pernah bermain di film Penelope, How Do You Know, Four Christmas, dan Water For Elephant, disini nampaknya tetap dengan gaya khasnya yang dimana centil dan suaranya yang cukup "unik" tetap ditonjolkan disini.

Kedua aktor yang menghiasi film ini adalah Chris Pine dan Tom Hardy. Sosok Chris sendiri yang sempat dikenal di Star Trek dan terakhir di film Unstoppable, di film This Means War nampaknya lumayan berhasil sebagai cowok yang mencuri perhatian wanita dengan body languagenya. Sosok Tom Hardy yang sempat mencuri perhatian di Warrior tahun 2011 nampaknya kini berhasil membuktikan kalau dirinya bisa juga bermain di film romantis komedi seperti This Means War. Setidaknya penampilan dan mimik ekspresi yang dilontarkan Tom disini cukup berhasil dan di beberapa adegan berhasil membuat penonton tertawa dengan aksinya. Keakraban sebagai sahabat yang ditampilkan Tom dengan Chris pun nampaknya berhasil mereka perankan dengan baik. Selain mereka bertiga juga ada Til Schweiger, Abigail Spencer, Chelsea Handler dan John Paul Ruttan.

Akhir kata, This Means War sebuah film drama romantis komedi yang nampaknya akan lebih jauh bisa dinikmati kalau saja cerita tentang agen CIA tersebut dihilangkan dan lebih fokus ke dunia cinta segitiga mereka pasti jauh lebih menarik. Unsur tersebut jika dimasukkan di film ini jadi terasa numpang lewat begitu saja dan hambar. Untungnya deretan pemainnya cukup bisa membangun intensitas film ini sampai akhir. Persahabatan dan yang berhubungan dengan masalah hati serta cinta nampaknya menjadi inti jalan cerita dari film ini. :Salam JoXa:

2/5

Trailer:

No comments:

Post a Comment