Saturday, February 4, 2012

Review: Chronicle (2012)

Andrew, remaja lelaki yang masih beranjak di bangku sekolah ini dihadapkan masalah yang sulit dalam hidupnya. Kekerasan yang dialami oleh dirinya akibat perbuatan tangan ayahnya yang keras selalu dia dapatkan. Belum lagi kondisi ibunya yang sedang sakit keras dan membutuhkan biaya untuk berobat. Di sekolahnya pun dirinya selalu mendapatkan kekerasan/bullying dari teman-temannya. Karena semua itu dirinya membeli sebuah kamera untuk merekam setiap apa yang terjadi kepada dirinya. Hingga pada suatu hari, Steve, salah satu siswa yang terkenal di sekolahnya memanggil Andrew untuk melihat sesuatu yang didapatkannya di sebuah lapangan kosong. Semua itu pun dengan tujuan karena Andrew memiliki kamera untuk merekam setiap kejadian nantinya. Bersama Matt, sepupu Andrew, akhirnya mereka melakukan petualangan tersebut. Setelah hari itu, sesuatu yang aneh pun menimpa mereka. Dapatkah mereka mengatasi semuanya?

Film yang berbau Sci-fi nampaknya sudah mulai banyak bermunculan di perfilman holywood. Di tahun 2011 saja setidaknya 10an film telah tayang di bioskop Indonesia dan mendapatkan respon cukup positif di mata pecinta film. Kini di awal tahun 2012, hadir film yang bergenre sci-fi yang tidak kalah menarik dengan film-film yang sudah pernah tayang dengan genre yang sama, Chronicle judulnya. Chronicledisini bisa dibilang film yang cukup menarik untuk disimak. Film yang awalnya terlihat seperti mockumentary karena adanya fungsi handycam digunakan oleh pemain utama, harus berubah menjadi film yang berbau sci-fi seutuhnya karena pengambilan kamera yang biasanya terjadi di film mockumentary tidak begitu konsisten karena banyaknya bantuan disana-sini. Salaah satunya, semua kamera dari telepon genggam, hidden camera, dan kamera TV.

Cerita Chronicle ditulis oleh Max Landis berdasarkan ide cerita dari Max sendiri bersama sutradara film ini yaitu Josh Trank. Walaupun skenario tidak terlalu sempurna karena adanya beberapa yang dipertanyakan sampai akhir film. Akhir film pun terlihat sekali maksa untuk menyelesaikan filmnya. Ya semoga saja nantinya ada cerita selanjutnya atau prekuel dari film ini, terutama bisa menceritakan lebih jelas asal usul dari tempat misterius tersebut. Akan tetapi buat karya dari seorang yang baru pertama kali membuat skenario dan menyutradarai film paanjang nampaknya ini sesuatu yang patut dibanggakan. Setidaknya Max dan John berhasil membuat penonton tersenyum, tegang, dan cukup terpukau sepanjang film ini.

Para pemain di Chronicle pun memberikan penampilan yang tidak begitu mengecewakan. Walaupun para pemain juga tidak begitu terkenal tapi penampilan ketiga pemain utama bersama pemain pendukungnya terlihat seperti pemain yang sudah terkenal. Dane Dehaan sebagai Andrew mampu memainkan emosinya dengan baik. Sebagai seorang anak yang sedikit tertekan karena sang ayah dan orang-orang sekitarnya yang mengucilkannya, dirinya mampu bermain dengan baik. Kurang lebih 4 film Dane akan siap ditayangkan di tahun 2012 ke depan, jadi bagi yang penasaran dengan aksi anak muda satu ini lagi silahkan ditunggu saja filmnya. Selaain Dane juga ada Alex Russell, Michael B. Jordan, Ashley Hinshaw, Anna Wood dan Michael Kelly.

Pengambilan gambar di sepanjang film Chronicle terlihat bagus dan konstan. Walaupun di atas langit atau di awan-awan sekalipun pengambilan gambar tetap jernih dan bagus pengambilannya. Efek-efek visual yang diberikan film ini pun tidak kalah menarik, runtuhan dari gedung-gedung bertingkat dan pecahan kaca-kaca disana-sini dapat kalian saksikan di film ini. Scoring dan ilustrasi musik dari film ini juga tidak kalah menarik loh, dan setidaknya lagu hits Jessie J yang Price Tag bisa kalian dengar di film ini. Akhir kata, Chronicle sebuah film yang keren dengan pengambilan gambar dan ide cerita yang cukup menarik di dalamnya. Penampilan para pemainnya pun jauh dari kata mengecewakan walaupun pengalaman mereka di dunia film layar lebar tidaklah begitu banyak. Kecanggihan teknologi dari film ini pun tidak kalah menarik untuk ditonton. Pokoknya Chronicle film yang berkesan di awal tahun 2012! ;Salam JoXa;

3/5

Trailer:

No comments:

Post a Comment