Friday, February 10, 2012

Review: ATM / Er Rak Error (Thai Movie) (2012)

Di sebuah perusahaan keuangan atau Bank memiliki suatu peraturan bahwa sesama karyawan tidak diperkenakan menjalin suatu hubungan. Karena kalau sampai ketahuan maka salah satu dari mereka harus terpaksa keluar dari perusahaan tersebut. Ternyata itu semua telah dilakukan diam-diam oleh Suer, karyawan Bank JNBC yang telah berhubungan dengan Jib, yang merupakan atasannya. Hubungan diam-diam tersebut ternyata sudah terjalin sampai tahun kelima. Suer pun resah dan gelisah dengan hubungan diam-diam ini. Akhirnya dia memutuskan untuk mengajak Jib menikah dan dengan itu mereka bisa leluasa saling dekat satu sama lain. Namun Jib menolak untuk menikah karena dirinya harus berhenti dari posisi di pekerjaannya saat ini. Masalah pun semakin runyam ketika salah satu cabang ATM bank mereka ternyata mengalami kerusakan.

Setelah 30+ Single yang tayang di bulan Januari, kini film Thailand kembali lagi dengan besutan dari GTH yang terkenal itu dengan film terbarunya yang berjudul ATM (Er Rak Error). Sutradara film ini sebelumnya dikenal ketika menyutradarai film Little Comedian yang tayang tahun 2011 lalu. Dengan komedi yang agak slapstick beberapa kali di LC nampaknya kembali dihadirkan oleh beliau di film ATM kali ini, malah lebih banyak. Gaya dialog yang dihadirkan pun tidak asing lagi jika kalian pecinta film Thailand. Namun disini gaya dialognya lebih ke arah comical dan banyak menggunakkan ekspresi tanpa dialog yang panjang. Namun terkadang gaya comical tersebut terlihat terlalu banyak jadi membuat film ini agak maksa dan cenderung membosankan. Untungnya efek-efek musik yang menghiasi sepanjang film membangkitkan suasana kebosanan tersebut.

Cerita yang diberikan film ini nampaknya memang bukan film romantis yang menyentuh, melainkan disini lebih diutamakan komedi. Kekonyolan memang sudah terasa sejak awal film dimana adanya permasalahan di dalam perusahaan tersebut dan ekspresi para pemainnya cukup berhasil membuat penonton tertawa. Ada juga bagian yang menarik dari film ini sebenarnya, dimana ada pergerakan untuk menyatakan kepada pasangan yang terlihat begitu menggelikan. Akan tetapi sayangnya semua itu tetap saja membosankan, hmm mungkin apa karena faktor durasi yang terlalu lama? Kalau masalah durasi rasanya tidak adil ya karena memang film Thailand memang seperti itu durasinya. Rasanya kesalahan terjadi pada alur film ini yang begitu lambat untuk menyelesaikan masalahnya.

Deretan para pemain disini nampaknya tidak asing lagi. Chantavit Dhansevi pernah bermain di film Hello Stranger, dan Coming Soon ini nampaknya cukup sukses membangun karakter sebagai Suer di film ini. Aktris cantik Preechaya Pongthananikorn, yang mengawali karir sebagai bintang model ini merupakan debut film dia yang tidak begitu mengecewakan. Karakternya sebagai Jib bisa dibilang sebagai pemanis dari film ini. Selain mereka berdua juga banyak karakter di film ini, namun sayanganya tak diketahui namanya siapa. Akhir kata, film ATM / Er Rak Error merupakan film komedi Thailand yang cenderung biasa saja dan membosankan. Walaupun adanya bagian yang menggelitik hati tapi itu tidak sebanding dengan durasi sepanjang 123 menit film ini. Ya daripada tidak ada film Thailand, film ini cukup layak ditonton kok. Semua tergantung selera masing-masing aja. :Salam JoXa:

2/5

Trailer:

2 comments:

  1. agak sayang liat rating yg dikasih ama masbro..pdahal pilem ini jdi slah stu pilem thailand favorit sy...betul2 mengocok perut..entalah krn Preechaya yg membuat kegaringan pilem ini tertutup dimata sy atau krn konyolnya chantawich yg membuat sy tamat dua kali nonton pilem ini. tapi salut ama review2 masbro..itu pilem2 yg direview donlotan semua ato nonton di teater..buset dah banyak banget :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak tahu nih filmnya IMO terlalu garing padahal sudah low expectation lucunya filmnya ini tapi tetep garing. Kalau film2 Thailand yang ada di blog 90% nonton di bioskop tapi kalau film hollywood tidak semua di bioskop kok. Film indonesia 100% di bioskop dong :D

      Delete