Wednesday, January 25, 2012

Review: I Don't Know How She Does It (2011)

Apa jadinya kalau istri atau ibu kita adalah seorang wanita karir? Selain senang dan bangga karena bisa melihat semangat tinggi beliau pasti ada perasaan kurang rasa kasih sayang karena kesibukkan beliau yang begitu padat dan terjadwal dengan rapi. Kate Reddy adalah seorang ibu rumah tangga yang memiliki profesi sebagai wanita karir juga. Dia bekerja di sebuah perusahaan keuangan. Setiap malam dirinya bersama sang suami, Richard, dan kedua anaknya selalu bercengkrama bersama-sama. Akan tetapi lambat laun semua berubah begitu saja. Kesibukkan masing-masing diantara Richard sebagai arsitek yang baru saja mendapatkan pekerjaaan baru dan Kate yang baru saja mendapatkan atasan baru yang bernama Jack yang ternyata memiliki perasaan khusus kepada dirinya.

Sebenarnya film ini sudah tidak niat gue tonton karena melihat posternya yang terlihat wanita sekali, apalagi pemain utamanya Sarah Jessica Parker yang terkenal di film Sex & The City 1-2. Alhasil karena rasa keterpaksaan dan sedikit penasaran serta tidak ada kerjaan makanya gue memutuskan menonton film ini via DVD saja bukan di bioskop. Sebelum menonton ini pun gue tidak memberikan ekspetasi apapun terhadap film ini. Akan tetapi, ternyata tanpa ekspetasi pun film ini dimata gue tetaplah membosankan. Gue mengira bakal menonjolkan sisi kewanitaan di film ini atau setidaknya ada deretan wanita cantik yang bertengger dengan busana dan penampilan mereka yang memukau tapi nyatanya nol. Menariknya dari film ini pun hanya terlihat dari pengisi soundtrack dari film ini.

Bisa dibilang hingga menit ke 15-20 gue bingung dengan maksud cerita dari film ini (maklum gak baca sinopsis). Di menit awal tersebut adanya semacam riset atau hasil wawancara satu sama lain tentang kehidupan keluarga. Menurut gue pun riset tersebut tidak penting amat dah untuk film ini, malah jadi menyita waktu dan melupakan inti cerita si peran utama itu bagaimana. Terlepas film ini berdasarkan novel dengan judul yang sama, naskah yang dibuat Aline Brosh McKenna pun malah terlihat sederhana sekali dan masih meeraba-raba mau menceritakan apa di awal film. Semua baru kelihatan jelas dan matang ketika sudah melewati menit ke 40. Dan baru ada konflik yang dibangun antar pemain.

Dari film I Don’t Know How She Does It terlihat jelas bahwa keegoisan antar pasangan satu sama lain lebih baik direndam jika tidak mau ada perang dunia ke sekian kalinya. Rasa kepercayaan satu sama lain pun yang paling diutamakan dari namanya menjalin suatu hubungan. Walaupun salah satu pasangan tersebut terkenal dengan kesibukan yang padat, pasangannya lebih baik tidak berpikiran macam-macam atau curiga kepada kekasihnya tersebut, kalau tidak mau adanya keributan. Pasangan yang sibuk pun juga harus menjaga kepercayaan yang diberikan pasangan kepada dirinya, karena kalau sekali saja sudah berbuat kesalahan pasti rasa kepercayaan sudah luntur kepadanya. Di film ini selain Sarah Jessica Parker juga ada Greg Kinnear, Christina Hendricks, dan Pierce Brosnan. Akhir kata, film arahan sutradara Douglas McGrath kali ini agak mengecewakan dan cukup membosankan untuk ditonton. :Salam JoXa:

2,5/5

Trailer:

No comments:

Post a Comment