Tuesday, December 20, 2011

Review: Mission: Impossible 4 - Ghost Protocol (2011)

Misi kini kembali dilakukan. Dengan melakukan pembebasan terhadap agent Ethan Hunt di sebuah penjara di Russia yang dilakukan oleh Jane dan Benji. Mereka pun akhirnya menjadi satu tim untuk memberantas sekaligus membersihkan nama organisasi mereka. Dengan bantuan seorang analisa yang bernama William Brandt mereka pun akhirnya menuntaskan misi tersebut dari Dubai sampai India.

Sepertinya nama Tom Cruise yang menjadi alasan paling banyak jika mau menonton menonton sekuel keempat dari Mission Impossible. Wajah dari Tom Cruise bisa dibilang masih awet muda saja nampaknya sampai bermain di film ini. Berbagai aksi yang dilakukannya pun terlihat sekali cukup berani tanpa adanya pengaruh stunt-man. Jika kalian tahu gedung baru di Dubai yang merupakan gedung teringgi di dunia saat ini, nah bayangkan saja Tom Cruise melakukan aksinya disana dari kaca lantai 130 gedung tersebut. Dan itu dilakukan hanya dengan tali dan tangan magnetisasi terhadap kaca gedung tersebut. Sebenarnya masih ada lagi aksi yang dilakukan Tom Cruise tapi alangkah lebih baik kalian saksikan sendiri biar lebih tercengang.

Cerita dari Mission keempat kali ini bisa dibilang menarik karena menghubungkan berbagai ilmu ilmiah di dalamnya, salah satunya ilmu fisika. Tapi tenang saja kalau memang kalian bukan orang yang suka dengan bidang tersebut jangan takut karena tidak akan seperti pengajaran sekolah dibuatnya film ini. Cenderung ke bagian pengapplikasian dari ilmu fisika lah yang dituangkan ke film ini. Unsur komedi dari dialog antar pemain pun tidak lupa diberikan André Nemec dan Josh Appelbaum di film ini. Dengan berbagai macam teknologi yang canggih diberikan film ini. Bisa dibilang hampir semua gadget terbaru ada di film ini.

Unsur ketegangan yang diberikan film ini juga cukup terjaga dengan baik, begitu pula dengan aksi-aksi yang cukup baik dilakukan dengan tanpa adanya stunt man. Unsur romantis dari film ini sayangnya tidak begitu penting diberikan film ini jadi gak usah berharap adanya dua insane yang saling jatuh cinta deh. Sinematografi dari film ini bisa dibilang paling juara. Bagaimana tidak ketika di saat sinematografi di tempat gelap masih terlihat bagus dan nyaman untuk dinikmati. Ide pengambilan tempat shooting dari film ini bisa dibilang juga cerdas dan menarik. Berbagai tempat yang sedang lagi trendnya atau baru saja kelar dibangun langsung menjadi tempat shooting dari film ini.

Keindahan dari Budapest, Dubai, Prague, India, sampai ke Vancouver pun nampaknya patut kalian saksikan sendiri di film ini. Kemewahan dan kecanggihan teknologi yang mahal juga menjadi poin menarik dari film ini. Efek pengambilan kamera ketikaa berada di badai pasir yang terjadi di Dubai bisa dibilang favorit gue kedua daari film ini. Kefokusan pengambilan gambar terhadap pemeran utama dengan adanya gangguan dari badai pasir pun rasanya berhasil diambil oleh cameramen. Scoring dan instrumentasi dari film ini nampaknya masih sama saja dengan mission lainnya jadi bisa dibilang tidak ada sesuatu yang spesial lagi nampaknya.

Deretan para pemain selain Tom Cruise disini nampaknya kuat karakter mereka masing-masing. Sebut saja Simon Pegg yang tetap konsisten dengan banyolan, kepolosan, dan keceplosan dirinya membuat film mission keempat ini lucu untuk ditonton. Jeremy Renner yang sebagai analisator nampaknya cukup lumayanlah dengan karakter seorang analisator. Kehadiran Paula Patton disini setidaknya bisa memanjkan mata lah daripada semua para pria beraksi disini. Walaupun filmography dari Paula bisa dibilang minim tapi aksi dia sebagai lawan main Tom Cruise ternyata bisa diperhitungkan juga toh. Sebenarnya selain Paula, ada karakter wanita lain yang cukup menarik perhatian yaitu Léa Seydoux. Karakter wanita ini bisa dibilang oke juga nih dengan wajah yang cukup bengis.

Akhir kata, Mission Impossible 4 Ghost Protocol secara keseluruhan memberikan sajian yang menghibur. Dengan adanya teknologi, dan sinemtografi yang memukau dan canggih nampaknya menjadi poin positif dari film ini. Jika kalian memang rindu dengan aksi Tom Cruise di sebuah film action, nampaknya itu alasan yang masuk akal karena kalian akan terhibur dan dipuaskan dengan aksi Tom di film ini. Kalau kalian juga ingin merasakan keindahan apartemen Dubai dan sampai keindahan kota Mumbai, itu juga tidak akan sia-siakan nampaknya selama 130 menit sepanjang menonton film ini. Trust me! :Salam JoXa:

4/5

Trailer:

No comments:

Post a Comment