Wednesday, November 2, 2011

Review: Seeking Justice (2011)

Beberapa hari setelah malam hari jadi pernikahan, Will Gerard dan Laura Gerard dihadapkan suatu masalah. Laura menjadi korban pelecehan setelah pulang dari tempat dirinya berlatih sebagai seorang musisi, dan mengakibatkan dirinya harus dirawat di Rumah Sakit. Ketika Laura masih dirawat di Rumah Sakit, Will tiba-tiba didatangi oleh seorang pria misterius, Simon. Simon menawarkan bantuan terhadap Will untuk mencari tahu pelaku yang membuat istrinya sampai seperti ini. Tapi ini semua tidak mudah begitu saja karena Will harus menjalankan syarat dari Simon. Pertaruhan hutang budi pun terjadi setelah 6 bulan keadaan istri Will siuman seperti semula.

Nama Nicolas Cage rasanya sudah terlanjur jelek duluan namanya karena 2 film di tahun ini, Drive Angry dan Seaons Of The Witch. 2 film tersebut rasanya tidak memberikan kualitas akting prima dari seorang Nicolas Cage. Ketika nama dirinya berada di deretan film Seeking Justice, gue agak was-was dengan performanya kali ini. Akan tetapi karena rating dari situs film memberikan film ini 8/10 gue langsung penasaran dan cukup terkejut untuk sebuah film yang dibintangi oleh aktor kawakan ini. Setelah menonton film ini ternyata gue merasa biasa saja terhadap film ini walaupun memang kualitas film ini jauh lebih baik dibandingkan 2 filmnya terdahulu di tahun ini.

Film arahan sutradara Roger Donaldson, yang pernah menyutradarai The Bank Job, bisa dibilang cukup menarik untuk ditonton dan mengambil cerita yang menyinggung sebuah pemerintahan. Cerita yang ditulis oleh Robert Tannen ini bisa dibilang menarik tapi sayangnya ada beberapa plot hole yang terlewat begitu saja tanpa adanya penjelasan yang masuk akal. Kalau boleh jujur ya, gue melihat film ini seperti menggambarkan sebuah kota yang dimana keadilan itu tidak ditegakkan seadil-adilnya, malahan dapat menyeret beberapa orang untuk melampiaskan keadilan tersebut dengan cara keji sekalipun (baca: bunuh diri). Rasanya agak terlalu dipaksakan kalau menurut gue secara pribadi.

Belum lagi orang yang seharusnya menegakkan keadilan malah ikut-ikutan menjadi orang dibalik semuanya itu. Atau inikah penggambaran secara langsung kota New Orleans atau Negara-negara saat ini? Walaupun film ini diproduseri oleh seorang super hero Spiderman Tobey Maguire, tapi bukan langsung berarti film ini menjadi sebuah film super hero. Sebagai film ke enam yang Tobey produseri rasanya disini cukup membuktikan Tobey selain jago berakting juga mampu memproduseri sebuah film yang bisa dibilang cukup menarik di dalamnya.

Para pemain disini, Nicolas Cage, Guy Pearce, dan January Jones cukup baik memberikan performa akting mereka. Nicolas Cage dapat memberikan karakter resah, bertanggung jawab sebagai suami, dan bimbang di film ini. Begitu pula dengan Guy Pearce yang tampil sebagai orang misterius dan untungnya kemisteriusan dirinya berhasil dipertahankan sampai pertengahan hingga akhir film ini. January Jones disini nampaknya terlihat seperti anak dari Nicolas Cage, bukan istrinya seperti yang terjadi di film ini. Sebagai pasangan suami istri, chemistry mereka lumayanlah dan juga rasa keparnoan dalam diri Jones sendiri cukup dapat dan bisa diatasi ooleh dirinya.

Akhir kata, Seeking Justice sebuah film yang cukup menarik dari ide ceritanya tapi sayang sekali kalau ditelusuri lebih lanjut kelihatan agak ganjal. Walaupun memiliki twist yang menarik di dalamnya tapi plot hole yang dilewati begitu saja nampaknya agak sayang sekali tidak terjawab. Ya bisa dibilang film Seeking Justice dapat mengembalikan rasa kepercayaan penonton terhadap akting Nicolas Cage lagi di film-film berikutnya. :Salam JoXa:

2,5/5

Trailer:

No comments:

Post a Comment