Review: Sector 7 3D (2011) / 7광구

Di sebuah tengah pulau tempat pengeboran minyak, tinggallah beberapa awak kapal yang sedang melakukan pencarian sumber minyak di tempat tersebut. Sang Kapten yang sudah pasrah karena sampai puluhan meter tidak menemukan sumber minyak tersebut pun memutuskan untuk meninggalkan tempat tersebut. Lain halnya dengan salah satu awak kapal yang ayahnya dahulu pernah hilang di tempat tersebut, Hae-Jun, yang begitu gigih tetap bertahan dan yakin pasti akan menemukan sumber minyak tersebut. Tidak lama kemudian pun terjadi sesuatu di tempat tersebut. Munculnya sosok misterius yang telah merenggut nyawa salah satu awak kapal tersebut.

Kalau boleh jujur film korea yang gue tonton belum ada yang pernah bergenre thriller atau action. Terakhir pun gue menonton film Korea itu My Sassy Girl (bener kan itu dari korea??). Sisanya belum sama pernah sama sekali. Tapi kalau film Asia selain dari Korea yang bergenre action, thriller ataupun horror rasanya sudah cukup banyaklah. Akan tetapi jika berformat 3D rasanya ini baru pertama kali gue menontonnya. Yap, Sector 7 judulnya. Sector 7 awalnya memang sudah banyak dibicarakn sejak masuk trailernya yang rajin diputar di salah satu bioskop. Berbagai macam ekspetasi pun bermunculan.

Gue ketika menonton trailernya pertama kali, langsung penasaran dan memberikan ekspetasi lumayan baik terhadap film ini. Eh setelah menonton trailernya berulang-ulang kali dan membaca review dari situs luar ataupun yang sudah menontonnya, gue langsung secara perlahan demi perlahan menurunkan ekspetasi sebelum menonton film ini. Alhasil setelah menonton Sector 7 3D pun gue tidak terlalu kecewa-kecewa banget. Keanehan-keanehan yang terjadi di sepanjang film Cuma bisa gue lampiaskan dengan tertawa bersama teman nonton gue saja (ketawa sinis).

Sector 7 3D yang disutradarai oleh Kim Jin-Hoon bisa dibilang dikemas sangatlah tidak modern. Dari segi artistik, dan cerita amatlah bikin jidat gue berkerut. Sebenarnya film ini cukup terganggu dari cerita yang dibuat oleh Je-Gyun Yun. Ada beberapa plothole dan sesuatu yang tidak masuk akal terjadi disini. Oke kayaknya sudah pada nonton kan? Gue bakal spoiler ah… Yang paling geregetan itu yaitu monsternya kenapa cuma satu? Padahal monster-monster kecil yang di simpan di sebuah lemari berisi air bisa bertumbuh besar jika bertahun-tahun lamanya. Tapi kenapa tetap kecil aja? Selain itu yang paling bikin gue gemes yaitu, ketika ada penyerangan monster dari bawah, entah kenapa 2 tokoh disana malah mencoba menahan alat penutup yang dibawahnya ada si monster? Kenapa mereka tidak langsung lari saja?

Selain itu yang paling gue salut dan tidak masuk akal juga, para awak kapal disini kuat banget ya. Cara mereka melakukan adegan pun mengingatkan gue pada salah satu iklan minuman kuat di TV. Malah gue sempat berpikir apakah mereka minum obat kuat itu dulu biar tidak kelihatan kecapean dan hanya dengan bantuan cipratan air biar terlihat letih? Terakhir, si monster kenapa marah dan menyerang mereka? Padahal kalau dilihat asal mula ceritanya tidak ada cerita kalau si pembuat monster ini bakal berbuat jahat kok.

Deretan para pemain bisa dibilang menampilkan yang biasa aja. Sebut saja Oh Ji-Ho, Ahn Sung-Ki, Cha Ae-Ryeon, Lee Han-Wi. Yang paling berkesan buat gue cuma karakter Jae-Hun yang diperankan oleh Ha Ji-Won. Karakter cewek tomboy dan mau tahu pas banget diperankan oleh dirinya disini. Dari gesture badan dan cara bicara pun begitu jelas terlihat dengan baik dilakoninya. Sinemtografi dari film ini terlihat jadul ya dengan mengambil tone warna yang berwarna coklat atau cenderung gelap. Scoring dari film ini bisa dibilang cukup baik untuk memberikan rasa ketegangan dari film ini. Oh iya twist dari film ini bisa dibilang lumayan oke juga loh.

Akhir, kata Sector 7 3D atau / 7광구bisa dibilang film Korea pertama yang membuat format 3D/IMAX yang tidaklah begitu terlalu mengecewakan sekali. Setidaknya usaha mereka untuk membuat 3D di film ini ada efeknya lah daripada film Hollywood sejenis Shark Night 3D yang juga tayang berbarengan dengan film ini. Semua itu juga kalau kalian memberikan ekspetasi rendah terhadap film ini. Ya lupakan saja slow motion-slow motion yang terdapat di film ini. Anggap saja si monster tersebut bakal menghampiri kalian karena kacamata 3D yang kalian gunakan itu. :Salam JoXa:

2/5

Trailer:

Komentar