Review: Contagion (2011)

Sebuah virus sedang melanda di sebuah Negara Amerika Serikat. Virus ini selain menyebar juga banyak merenggut nyawa seseorang. Mitch bisa dibilang cukup sial ketika mengetahui kabar istrinya, Beth, terinjeksi sebuah virus dan harus merenggut nyawa istrinya. Agak cukup aneh memang karena Mitch merasa istrinya baik-baik saja. Kecurigaan semakin menguat ketika Mitch curiga peristiwa ini menimpa ada hubungan dengan kepulangan istrinya dari Hongkong beberapa waktu lalu. Pada waktu itu bertepatan pula dengan maraknya isu beredar virus dari hewa atau udara yang mematikan. Lalu bagaimanakah nasib penduduk yang tinggal di sekitar lingkungan Beth?

Film-film bertema kedokteran bisa dibilang bukan hal menarik buat gue secara pribadi. Ketika tahu Contagion film bertema kedokteran gue langsung malas sebenarnya. Akan tetapi ketika melihat deretan para pemain yang oke-oke gue langsung membuat rencana untuk menonton film ini. Walaupun rencana tersebut baru terlaksana 7 hari setelah penayangan di bioskop. Hasilnya adalah gue tidak merasa puas dengan film Contagion. Ketidakpuasan itu terletak dari sisi cerita yang diberikan. Itu juga baik dari segi alur ataupun penyelesaian akhir cerita film ini yang terlalu sebentar atau sekejap begitu.

Kalau kalian pernah mendengar isu virus flu burung atau sejenisnya, nah disinilah tema dari film Contagion. Scott Z Burn sebagai penulis cerita membawa penonton untuk melihat keberadaan virus yang menyebar begitu hebat di salah satu Negara Amerika Serikat. Walaupun sebenarnya akhir film ini sudah bisa ketebak nantinya bagaimana. Cerita yang diberikan bisa dibilang biasa saja dan membosankan. Bahkan gue sempat tertidur 10-15 menit ketika menonton film ini karena saking boringnya! Cerita dibalik sebab akibat yang terjadi di film ini diceritakan dengan padat dan jelas intinya. Ya setidaknya masuk akal untuk dianalisa oleh akal sehat baik orang awam ataupun pihak kedokteran sendiri.

Yang menarik dari arahan sutradara Steven Soderbergh ini adalah di bagian scoringnya. Scoring arahan dari Cliff Martinez ini bisa dibilang tidak begitu asing lagi untuk didengar. Alunan musiknya mengingatkan gue apda film Social Network. Deretan para pemain yang tampil begitu bagus bermain dengan karakternya masing-masing. Gue secara pribadi pun tidak begitu hapal dengan muka-muka para pemainnya karena saking mereka bermain dengan baik *alibi. Karakter Matt Damon sendiri pun mengingatkan gue ketika dirinya bermain di film Hereafter.

Hmm akhir kata, film Contagion sebuah tontonan yang jauh dari kata menarik untuk ditonton. Ya kalau kalian memang memiliki dasar ilmu kedokteran tidak ada salahnya untuk menonton film ini karena di beberapa adegan menampilkan praktikal-praktikal dari kegiatan kedokteran sendiri. Kalau saja film ini dibuat lebih variatif dan tidak membosankan pastinya gue akan lebih nyaman dan menikmati film ini selain berdasarkan menariknya scoring dari film ini. :Salam JoXa:

2/5

Trailer:

Komentar