Saturday, October 29, 2011

Review: L'assaut / The Assault (2011)

Peristiwa hari natal pada tahun 1994 silam, menimpa sial pada 227 penumpang dari pesawat Air France yang sedang berada di bandara Aljazair. Mereka disandera oleh empat teroris, dan beberapa diantara mereka ada yang terpaksa dibunuh dan menyebabkan pesawat akhirnya lepas landas untuk mendarat di Marseilles. Kejadian peristiwa ini pun sampai meluas dan masuk berbagai televisi. Akan tetapi semua masih penuh teka-teki dibalik apa sebenarnya yang menimpa mereka, kenapa harus mereka menjadi korbannya?

Sepertinya gue akan singkat saja mengulas film ini. Bagaimana tidak gue seakan menjadi orang paling bloon ketika melihat film ini yang lebih ke bahasa Perancis dan belum lagi penyaduran ke dalam bahasa Indonesia sendiri pun terlihat begitu terganggu. Bisa dibilang film ini adalah film kedua setelah Vanishing gue yang setidaknya menghabiskan waktu gue selama kurang lebih 95 menit untuk tetap bertahan di atas mimpi indah dengan merem melek. Film L’Assault atau The Assault ini sendiri berasal dari sebuah buku yang dikarang oleh Roland Môntins dan Gilles Cauture. Nmaun kini dibuatkan naskah filmnya oleh Julien Leclercq, sang sutradara film ini juga, bersama Simon Moutairou. Entah apa maksud dan tujuan dari para penulis nasakah membuat film ini sampai gue pun tak mengerti dengan ceritanya.

Dari segi teknis saja sudah terlihat sekali film ini tidak jelas arahnya mau ke thriller atau action karena di beberapa bagian telihat sekali seperti film dokumenter. Suara-suara tembakan yang terjadi sepanjang film ini pun bukannya memancing emosi atau adrenalin tapi malah terdengar sangat mengganggu sekali. Akhir kata, L’Assault bukanlah sebuah film yang direkomendasikan jika kalian tidak mengerti dasar-dasar bahasa perancis. Karena anda akan merasakan seperti apa yang gue rasakan ketika menonton film ini. Membingungkan dan menghabiskan waktu saja! :Salam JoXa:


Trailer:

No comments:

Post a Comment