Wednesday, August 24, 2011

Kejarlah Jodoh Kau Kutangkap (2011)

Ketika melihat judul film ini akan tayang segera di bioskop, langsung mengingatkan gue kepada film Indonesia lawas yaitu Kejarlah Daku Kau Kutangkap yang dulu dibintangi oleh Lydia Kandou dan Jamal Mirdad. Setelah melihat judul yang mengingatkan film lawas tersebut, gue langsung melihat daftar nama pemainnya, dan disana gue menemukan nama Lydia Kandou di film ini. Hmmm ternyata perkiraan gue tentang adanya hubungan film Kejarlah Jodoh Kau Kutangkap dengan Kejarlah Daku Kau Kutangkap terjawab sudah yaitu adanya persamaan pemain. Namun ketika melihat trailernya dan penulis serta sutradaranya sepertinya film Kejarlah Jodoh Kau Kutangkap lebih mengarah ke komedi murni seutuhnya dan adanya unsur drama percintaan diantara dua insane. Penasaran? Simak curhatan josep berikut ini tentang Kejarlah Jodoh Kau Kutangkap yang kebetulan gue beruntung mendapatkan undangan secara resmi gala premierenya hari Selasa malam lalu di Studio EX XXI.

Asep anak dari orang tua terpandang di kampungnya tersebut sedang dilanda dilematis dalam urusan percintaan. Dirinya tidak mau menginginkan pertunangan dirinya bersama Enok yang notabene pilihan orangtuanya. Untungnya ketika berangkat ke rumah Enok, dirinya tidak sengaja berjumpa dengan salah satu gadis cantik dan manis di sungai daerah kampungnya yang sedang melakukan pemotretan. Pertemuan awal mereka pun baik lalu menjadi dekat satu sama lain. Namun demikian, pertemuan itu hanya sesaat saja karena Farah, gadis yang diinginkan Asep tersebut, harus meninggalkan kampung Asep kembali ke Jakarta. Asep pun tidak tinggal diam saja setelah kepergian Farah. Dia pun kabur dari rumah demi mendapatkan cintanya tersebut.

Sebuah karya Indrayanto Kurniawan terbaru setelah kalau tidak salah terakhir kali itu film Saus Kacang di akhir tahun 2009 silam. Beliau kini kembali dengan komedi romantis seperti Saus Kacang dahulu, namun disini terlihat lebih unsur komedinya yang diangkat. Dengan bantuan penulis skenario dari Benni Setiawan pun film ini terlihat tidak beda juga dengan karya Benni Setiawan sebelumnya. Cerita Kejarlah Jodoh Kau Kutangkap sendiri sebenarnya tidak jauh beda dengan 3 Hati 2 Dunia 1 Cinta, namun disini terlihat adanya “pembodohan” terhadap pemeran utama Andhika Pratama yang terlihat amatlah lugu bahkan lebih lugu dari orang lugu sekalipun.

Kalau boleh jujur alur cerita Kejarlah Jodoh Kau Kutangkap agak berantakan di bagian tengah-tengah dan beberapa bagian lainnya juga terlihat bolong-bolong serta penuh tanda tanya disana-sini. Sebagai contoh tentang apa sebenarnya yang terjadi pada Farah tidak tersampaikan dengan baik. Sebenarnya sudah terlihat Farah mau menyampaikan sesuat tentang masa lalunya tapi entah kenapa terasa dipotong atau dihilangkan begitu saja. Alhasil sampai credit title ini muncul pun pertanyaan besar tentang apa yang sebenarnya terjadi dengan Farah di masa lalunya pun gantung begitu saja.

Dari deretan para pemain sebenarnya tidak masalah ya disini, namun yang paling amat mengganggu gue secara pribadi adalah lagi-lagi soal penampilan pemain yang berperan sebagai orang kampong tapi terlihat sekali kece dengan make-up tebalnya tersebut. Lihat saja penampilan Andhika Pratama disini terlihat sekali bukan sebagai anak kampung walaupun medoknya cukup dapat dia perankan disini. Sayangnya, make-upnya yang diberikan kepadanya terlihat sekali begitu tebal dan cukup mengganggu atau meyakinkan penonton kalau dirinya seseorang dari kampung. Walaupun diceritakan disini dia sebagai anak terpandang atau terkaya di kampungnya. Sebagai perbandingan, Lydia Kandou sebagai ibunya Andhika disini malah terlihat lebih jauh natural dibandingkan Andhika sendiri. Sosok ibu dari kampung dengan penampilan dan make-up yang natural berhasil dibawakan beliau disini.

Penampilan Donita disini terlihat kece dan cukup maksimal disini, dengan tubuh dan paras wajah yang cantik dan tetap melankolis yang penuh dengan tangisan air mata dihadirkan kembali disini setelah filmnya Pupus beberapa waktu lalu. Penampilan khusus Pretty Asmara disini terlihat hanyalah sebuah tempelan saja, lain pula dengan Betrand Antolin walaupun penampilan khusus tapi cukup banyak adegannya dan ada hubungan juga dengan jalan cerita film ini. Akhir kata BIC Production dan Mitra Pictures denga karya terbarunya kali ini, Kejarlah Jodoh Kau Kutangkap terlihat cukup menghibur tapi tidak secara keseluruhan karena kalau boleh lihat dari cerita sebenarnya mengingatkan film Kabayan Dari Miliarder namun disini terlihat lebih singkat durasinya. Adanya bagian-bagian bolong disana-sini pun terlihat cukup mengganggu di sepanjang film ini. So, silahkan menontonnya sendiri mulai tanggal 25 Agustus mendatang! :cheers

2/5



Trailer:



1 comment: