Tuesday, August 9, 2011

Hello Stranger กวน มึน โฮ (2010)

Rasa canggung dan kaku ketika bertemu dengan orang yang belum dikenal sama sekali sebelumnya pastilah sulit untuk dilepaskan. Terkadang saking lupanya, untuk memberikan nama satu sama lain pun terasa lupa untuk diperkenalkan satu sama lain. Nah, begitulah seperti yang terjadi pada dua pasangan di dalam film Hello Stranger (Kuan Meun Ho) atau กวน มึน . Peristiwa-demi peristiwa pun akan dihadapi dua pasangan tersebut yang baru pertama kali bertemu di Seoul. Suka duka, canda tawa mengiringi kehidupan mereka selama disana. Lalu apa sebenarnya keistimewaan dari Film Thailand satu ini? Simak curhatan josep berikut ini tentang Hello Stranger (Kuan Meun Ho) atau กวน มึน .

Seorang pemuda dikerjain temannya yang menyebabkan dirinya pergi travelling ke Seoul tanpa adanya uang lebih di sakunya. Setiba di Seoul dirinya mengikuti rombongan travel yang sudah dia pesan sebelumnya. Rasa bosan pun muncul ketika dirinya berada di antara rombongan tersebut, penyebabnya karena dia tidak membawa pasangan sedangkan rombongan tersebut semua membawa pasangannya. Suatu ketika dirinya minum alkohol hingga dirinya mabok dan tidak tersadarkan diri tidur di depan tempat tinggal salah satu traveler pemudi cantik dari negeri Thailand yang juga seperti dirinya.

Pagi-paginya, pemuda tersebut terbangun dari tidurnya dan mendapatkanya agar dirinya berada di kamar pemudi tersebut. Dirinya kaget dan langsung terbangun menuju keluar dari tempat tinggal tersebut. Akan tetapi dirinya bingung bagaimana caranya bisa kembali ke hotel tempat dia menginap bersama rombongan. Pemudi tersebut yang awalnya agak risih dengan sikap pemuda tersebut akhirnya iba juga untuk mengantarkan pemuda tersebut ke tempat pengiba di penginapannya. Dan ternyata setiba di penginapannya, rombongan beserta busnya sudah pergi meninggalkan dirinya. Alhasil, dirinya pun harus menunggu kedatangan kembali rombongannya beberapa hari kedepan. Perjalanan kehidupan diantara pemuda pemudi yang baru kenal pun dimulai sejak saat itu.

Film arahan sutradara dan produser dari Banjong Pisanthanakun kali ini bisa dibilang mau mengulang kesuksesan filmnya terdahulu yaitu Bangkok Traffic Love Story yang cukup sukses menarik perhatian pecinta Thai RomCom. Yang membedakan kali ini terlihat dari penempatan karakternya, dimana kalau Bangkok Traffic Love Story pemeran cewenya lebih ngeselin sedangkan di film Hello Stranger pemeran cowo cenderung jauh lebih ngeselin. Menurut sumber yang gue telusuri, ternyata cerita Hello Stranger sendiri diambil dari kisah nyata sebuah buku yang berjudul Two Shadows In Korea (สองเงาในเกาหลี atau Song Ngao Nai Kao Li). Buku itu sendiri pun ditulis oleh Songkalot Bangyikhun atau ทรงกลด บางยี่ขัน.

Cerita yang diangkat film ini sangatlah menarik mengambil dua tokoh utama yang belum saling kenal satu sama lain bahkan nama sekalipun, namun dengan berjalannya waktu mereka dekat dan bisa saling mengerti dan rasa cinta pun tumbuh diantara mereka berdua. Belum lagi situasi disekitar mereka itu memiliki pasangan masing-masing dan selain itu mereka masing-masing memiliki latar belakang masalah percintaan. Menurut gue secara pribadi, mendalami karakter dari dua pemain yang belum dikenal itu cukuplah sulit apalagi diantara mereka pada akhirnya harus tumbuh benih cinta secara alami mungkin. Untunglah karakter yang kuat itu juga diseimbangkan dengan pemain-pemain yang bermain tidaklah mengecewakan.

Sebagai debutnya di dunia perfilman Nuengthida Sophon sudah memiliki titik terang yang bagus dengan mengawali dirinya di film Hello Stranger. Kepiawaian aktingnya bisa dibilang baik di film ini, terbukti dirinya berhasil mencuri perhatian dengan memenangkan penghargaan Best Actress National Film Association Award tahun 2011. Selain itu, 7 nominasi lainnya pun diberikan kepada film ini dari berbagai macam kategori. Chunthawit Thanasewi sebagai pemuda di film ini yang terlihat ngeselin dan terlihat polos atau apalah namanya itu berhasil memainkan karakternya dengan baik. Di film ini selain sebagai aktor dirinya ternyata menjadi bagian penulis skenario juga loh.

Setting tempat yang diambil di Seoul bisa dibilang sangatlah tepat karena disana terdapat tempat yang cocok buat pasangan. Dengan suasana salju yang mendukung pun menjadi film ini terlihat lebih romantis. Oh iya sinematografi pun hasilnya sangatlah indah dipandang oleh mata dan hati pun tergerak sekali untuk merencanakan suatu ahri ke tempat lokasi shooting film ini. Selain sinemtografi yang ciamik, scoring film yang begitu menyentuh di beberapa bagian yang sesuai dengan hati pun dapat lo rasakan di sepanjang film ini. Memang sih awalnya film ini lebih dominan ke komedi, namun di pertengahan hingga akhir film ini memberikan suasana kegalauan hati penonton.

Kayaknya gue disini kelamaan curhat deh, daripada kelamaan gue curhat disini alangkah lebih gue akhiri saja curhatan josep ini tentang film Hello Stranger. Setelah beberapa hari lalu, Bangkok Traffic Love Story berhasil membuat gue tersanjung memberikan angka 4,5/5, ternyata dengan sangat senang ahti gue harus mendepak posisi pertama Bangkok Traffic Love Story dengan Hello Stranger. Walaupun Hello Stranger sendiri tidak mendapatkan angka sempurna 5/5 akan tetapi film ini berhasil membuat gue menempatkannya di posisi pertama Thai RomCom hingga saat ini. Nah, sekarang pertanyaannya adalah apakah masih ada yang jauh lebih baik, menyentuh dan bagus dari Hello Stranger?

4.75/5



Trailer:



No comments:

Post a Comment