Thursday, July 7, 2011

Wu Xia (Dragon) 武俠 (2011)

Liu Jin Xi adalah seorang pabrik kertas bersama istri dan kedua anaknya yang masih kecil-kecil di sebuah pedesaan. Desa yang nyaman tiba-tiba berubah menjadi kacau setelah desa tersebut didatangi oleh 2 orang perampok yang merampok sebuah toko klontong di desa tersebut. Liu yang mengintip dari pintu masuk tokok tersebut tidak tega melihat hal tersebut. Akhirnya dia dengan berani maju melawan 2 perampok tersebut hingga pada akhirnya tewas di tangannya. Kasus tersebut pun ditelusuri lebih lanjut oleh seorang detektif bernama Xu Bai-Ju. Xu menganalisa bahwa ada sesuatu dibalik kematian 2 orang tersebut, yang konon kabarnya juga merupakan salah satu dari 10 pembunuh kelas kakap yang selama ini menjadi buronan. Dan ternyata ada rahasia terbesar yang selama ini tidak diketahui oleh khalayak umum dan pada akhirnya pengorbanan pun menjadi taruhannya.

Okei gue mereview film ini kayaknya gak usah-usah banyak-banyak ya karena gue mengantuk dan bosan ketika menonton film ini. Daripada penasaran simak curhatan josep berikut ini. Gaya bercerita film ini mengingatkan gue pada film Sherlock Holmes dimana ada seorang detektif yang menganalisa kasus.

Wu Xia yang merupakan opening dari sebuah Cannes Film Festival tahun 2011 sebenarnya bisa dijadikan tontonan menarik asal cerita yang diberikan kepada penonton tidak lambat. Memang sih tidak selambat film Thailand yang baru gue tonton yang masuk film festival (baca: Boonmee dan Of Gods and Men). Untungnya gue secara pribadi sedikit terhibur dengan analisa-analisa yang dipikirkan Xu Bai-Ju yang diperankan oleh Takeshi Kaneshiro. Dimana analisa-analisanya logis, dan memang bener juga sih kalau ditelesuri lebih lanjut.

Arahan sutradara dari Peter Chan untungnya juga tidak kalah menarik dengan sinematografi yang dihasilkan. Tempat atau pemandangan yang indah begitu pas pengambilan gambarnya sehingga memanjakan mata. Efek visual yang dihadirkan juga tidak kalah menarik kok. Jadi pada intinya, Wu Xia sebenarnya tontonan yang baguslah untuk sebuah opening film festival (*sok tahu). Tapi buat gue secara pribadi, cerita Wu Xia bukanlah yang baru lagi tapi yang menarik disini dari sisi sinematografi serta analisa-analisa dari seorang detektif. Selamat menonton. :cheers:

2,5/5

Trailer:

No comments:

Post a Comment